Apa yang kita makan dan minum dapat berpengaruh pada kesehatan organ dalam Anda, termasuk kesehatan ginjal. Manusia memiliki dua organ ginjal, di kiri dan kanan. Namun keduanya memiliki peran masing-masing. Jika salah satunya tidak berfungsi atau tidak ada, memang tidak akan langsung menyebabkan kematian. Tapi akan mengganggu sistem sekresi pada tubuh yang ujung-ujungnya pada kematian juga.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Dalam system sekresi tubuh, ginjal berperan dalam membersihkan darah dari racun berbahaya serta sisa metabolisme yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Jika ginjal rusak, maka tubuh tidak bisa membuang racun sehingga bisa membahayakan. Maka dari itu, menjaga ginjal sangatlah penting karena berpengaruh pada kelangsungan hidup Anda.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan organ dalam yang satu ini. Nah, berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Simak baik-baik.

  • Perbanyak minum air putih. Minum air putih dalam jumlah yang banyak dapat meringankan¬† kinerja ginjal. Jika kurang minum air putih, maka akan menyebabkan batu ginjal. Ini Karena zat yang larut dan tidak berbahaya pun jika memang terlalu banyak dalam tubuh karus disaring lalu dikeluarkan. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan kimia dalam tubuh. Dengan begitu, metabolism dapat berjalan dengan optimal.
  • Jaga berat badan Anda agar berada di posisi ideal. Obesitas atau kegemukan dapat mengganggu metabolism tubuh dan menimbulkan penyakit yang serius serta mengundang munculnya penyakit komplikasi dengan ginjal seperti hipertensi atau diabetes.
  • Jaga tekanan darah Anda pada batas normal yaitu 120/80 mmHg atau kurang dari itu. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan adanya penyakit komplikasi ginjal. Jika Anda mengidap darah tinggi, kendalikan terus tekanan darah Anda agar komplikasi ginjal bisa dicegah.
  • Berolahragalah secara teratur. Olahraga baik untuk kesehatan termasuk kesehatan ginjal. Dengan berolahraga, metabolism tubuh bisa lancer, jantung sehat, gula darah terkendali, serta melancarkan peredaran darah.
  • Hindari merokok. Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti hipertensi, impoten, jantung, dan salah satunya adalah penyakit ginjal.
  • Makanlah makanan sehat yang seimbang. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang kurang atau tidak seimbang, ini akan menyebabkan kesehatan Anda terganggu termasuk ginjal. Bahkan, kekurangan gizi tertentu dapat menyebabkan penyakit batu ginjal. Banyak-banyaklah makan sayur dan buah. Dalam sayur dan buah terdapat nutrisi penting yang diperlukan tubuh dan dapat mencegah berbagai penyakit termasuk sakit ginjal.
  • Jangan terlalu banyak asupan garam. Garam dapur mengandung sodium yang bermanfaat bagi tubuh. Namun jika berlebihan dapat membuat ginjal bekerja lebih keras sehingga tidak baik bagi kesehatan ginjal. Selain itu, asupan garam berlebih akan menyebabkan tekanan darah naik atau hipertensi.
  • Hindari minuman beralkohol. Alkohol hanya akan membuat ginjal bekerja lebih keras untuk membersihkan darah sehingga membahayakan ginjal. Alkohol juga bisa menyebabkan penyakit hipertensi dan penyakit serius lainnya.
  • Jangan sesekali menahan kencing. Kebiasaan buruk yang satu ini akan menghambat kerja ginjal. Selain itu, setelah buang air kecil bersihkan organ vital Anda hingga bersih kemudian lap hingga kering Jangan sampai anda memakai celana padahal organ vital Anda masih dalam keadaan basah. Hal ini dapat membuat bakteri berkembang cepat dan masuk ke organ vital Anda. Lalu menyebabkan berbagai penyakit.
  • Kendalikan kadar gula darah Anda. Usahakan kadar gula darah Anda berada di bawah 120mg/dl. Kadar glukosa yang tinggi bisa menyebabkan penyakit ginjal diabetic.
  • Jangan terlalu banyak mengonsumsi vitamin C. Vitamin¬† C dalam dosis yang tinggal akan menyebabkan batu ginjal.

Demikianlah beberapa kiat dalam menjaga kesehatan ginjal. Semoga bermanfaat. Baca juga tentang Khasiat Kulit Manggis

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel Cara Menjaga Kesehatan Ginjal ini. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman ya ... Semoga bermanfaat.

plusone  twitter  facebook Share
Ditulis dalam Kategori Tips Sehat.