Cara Merawat agar Wajah Tidak Berjerawat

Wajah yang bebas jerawat, ini adalah idaman setiap orang, terutama kaum wanita. Penyebab jerawat banyak sekali, seperti kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori-pori, masalah hormon, serta kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari berakibat buruk pada kulit wajah.

Lantas, bagaimana sih, cara merawat agar wajah tidak berjerawat? Ini dia tipsnya :
1. Bersihkan wajah secara rutin
Jangan malas untuk membersihkan wajah dari sisa makeup dan debu setelah seharian beraktivitas, terutama sebelum tidur.

2. Istirahat tepat waktu

Biasakan diri anda untuk istirahat tepat waktu. Ini otomatis akan membuat wajah terlihat lebih cerah dan menarik. Tidak hanya tubuh, otot wajah pun butuh istirahat. Namun ingat untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur.

3. Jangan sentuh wajah anda!

cara merawat agar wajah tidak berjerawat berikutnya adalah jangan sembarangan menyentuh wajah menggunakan tangan yang belum dibersihkan. Hal ini dapat mentrasfer bakteri dan kuman dari tangan ke wajah. Kemudian akan menjadi penyebab tumbuhnya jerawat.
4. Air putih
Air putih sangat baik bagi kesehatan anda. Dengan konsumsi minimal 8 gelas setiap hari, anda telah melakukan investasi penting untuk kesehatan jangka panjang. Air putih juga akan mencegah tumbuhnya jerawat, karena efektif menangkal radikal bebas dan melunturkan racun.
5. Masker
Masker alami dari bahan buah dan sayuran adalah masker terbaik untuk kulit wajah anda. Sekalipun anda akan menggunakan masker siap pakai, sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya.

6. Konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran mengandung begitu banyak air, vitamin, serta nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini tentunya juga akan berdampak positif bagi kulit wajah anda.
7. Gunakan pelembab
Pastikan kulit wajah anda dalam kondisi yang tidak kering dan tidak lembab. Bagi anda yang memiliki tipe kulit kering, gunakan pelembab yang membantu menjaga kelembaban kulit wajah anda. Dan bagi anda yang memiliki tipe kulit wajah berminyak, pakailah pelembab dengan oil control.
Cara merawat agar wajah tidak berjerawat sebenarnya mudah, anda hanya harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk termasuk pola makan buruk dan gaya hidup buruk. Oleh karena itu, juga penting bagi anda untuk menjauhi asap rokok, karena mengandung racun yang akan merugikan anda.