Pendahuluan Makalah Sejarah

Dalam sebuah makalah, bagian awalnya pasti diisi dengan pendahuluan. Tidak terkecuali dengan makalah sejarah. Setelah menulis judul, hendaknya penulis juga langsung membuat pendahuluan. Menulis pendahuluan untuk makalah sejarah hendaknya tidak perlu terlalu panjang, cukup sebanyak 1-2 halaman saja. Karena masih banyak isi makalah yang harus ditulis. Tujuan dibuatnya pendahuluan adalah agar pembaca dapat menangkap apa yang hendak disampaikan di dalam isi makalah. Setidaknya pembaca dapat membayangkan kurang lebih bagaimana isi makalah.

Pendahuluan makalah sejarah harus mengacu pada judul artikel dan keseluruhan isinya. Misalnya, Anda memilih judul Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Anda harus menjabarkan inti dari makalah Anda dengan langkah-langkah seperti berikut:

Pendahuluan Makalah Sejarah

  • Latar Belakang

Di dalam bagian ini, Anda dapat menjelaskan bagaimana proses awal terbentuknya NKRI beserta sejarah-sejarah yang melengkapinya. Sebutkan beberapa tokoh penting yang turut andil dalam pembentukan NKRI. Sertakan juga waktu terbentuknya NKRI ini secara jelas. Selain itu, jelaskan juga letak NKRI dari beberapa segi wilayah. Anda juga dapat menjelaskan keterangan lain seperti luas, jumlah penduduk dan pulau-pulau yang terdapat dalam NKRI.

  • Tujuan Penulisan

Disini Anda dapat mengemukakan alasan mengapa memilih NKRI sebagai topik dari makalah Anda. Jelaskan tujuan Anda menyusun makalah ini. Berikan sekurang-kurangnya tiga alasan penting dalam tujuan penulisan makalah Anda.

  • Rumusan Masalah

Dalam perumusan masalah, Anda dapat menuliskan pertanyaa-pertanyaan umum seputar topik yang Anda pilih. Pastikan jawaban dari semua pertanyaan yang ditulis terdapat dalam isi makalah. Contoh pertanyaan yang dapat ditulis dalam rumusa masalah di pendahuluan makalah sejarah adalah:

  • Apakah definisi dari NKRI?
  • Bagaimana struktur pemerintahan NKRI?
  • Faktor apa yang turut andil dalam pembangunan NKRI?
  • Bagaimana cara untuk menjaga NKRI agar tetap utuh?

Perlu diingat bahwa pendahuluan dalam makalah sejarah harus memiliki tiga unsur seperti diatas. Apapun topik sejarah yang Anda pilih, pendahuluan dalam makalah harus membahas garis besar isi dari makalah Anda. Sebagai refrensi, Anda dapat mencari topik-topik sejarah lain melalui buku-buku tentang sejarah atau biografi tokoh sejarah.