Pengertian Ekonomi Pembangunan Menurut Para Ahli

Sebagai Negara yang berkembang, Indonesia harus selalu menjalankan proyek atau program kerja yang dapat menimbulkan dampak positif, terutama dalam kemajuan ekonomi pembangunan bangsa. Seperti menurut Sadono Sukirno, ekonomi pembangunan merupakan proses usaha meningkatkan pemasukan atau pendapatan perkapita suatu Negara dengan cara mengolah potensi ekonomi menjadi bentuk riil. Hal tersebut dilakukan melalui 5 tahap penting, yaitu:

  1. Penanaman modal,
  2. Pemanfaatan teknologi,
  3. Peningkatan pengetahuan,
  4. Pengelolaan keterampilan, dan
  5. Penambahan skill berorganisasi.

Dengan melakukan kelima tahap penting tersebut, maka pembangunan dapat berjalan dan tumbuh dengan baik. Selain Sadono Sukirno, beberapa ahli juga mengungkapkan pengertian mengenai ekonomi pembangunan tersebut menurut pendapatnya masing-masing, diantaranya adalah:

pengertian-ekonomi-pembangunan-menurut-para-ahli

Menurut Schumpeter, ekonomi pembangunan adalah perubahan pendapatan perkapita dan pendapatan nasional yang terjadi secara spontan dan tidak terputus. Perubahan tersebut disebabkan karena dua hal, yaitu perubahan lapangan industry dan juga perdagangan. Pendapatan perkapita merupakan perhitungan berdasarkan rata-rata penghasilan penduduk suatu daerah,  sedangkan pendapatan nasional merupakan nilai dari produksi barang ataupun jasa yang dihasilkan dalam waktu satu tahun.

Menurut Profesor Simon Kuznets, ekonomi pembangunan adalah meningkatnya kemampuan suatu Negara untuk menyediakan beragam barang yang dibutuhkan penduduknya dalam jangka panjang. Kemampuan dapat meningkat seiring dengan berjalannya waktu dan hal tersebut terdiri dari 3 komponen, yaitu:

  • Peningkatan ketersediaan barang,
  • Kemajuan teknologi, dan
  • Penyesuaian kelembagaan atau ideology yang menghasilkan ilmu pengetahuan.

Berdasarkan pendapat para ahli mengenai pengertian ekonomi pembangunan yang telah disebutkan, dapat disimpulkan bahwa ekonomi pembangunan adalah sebuah proses peningkatan penghasilan total dan penghasilan perkapita suatu daerah dengan memperhitungkan segala perubahan yang ada. Ekonomi pembangunan juga merupakan hal penting yang wajib diupayakan oleh semua daerah demi kepentingan bersama. Karena langkah tersebut merupakan cara yang ampuh untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Selain itu, ekonomi pembangunan yang dilakukan secara optimal juga dapat mengembangkan dan memajukan kemampuan suatu daerah dari segi ekonomi yang lebih kuat sehingga akan diperhitungkan oleh daerah lainnya.