Belajar adalah sebuah kegiatan yang dilakukan manusia sepanjang hidupnya. Semenjak bayi manusia telah belajar mengucapkan kata, berjalan, meniru tingkah laku orang tuanya, dan lain-lain. Proses belajar kemudian berlanjut pada tahap yang lebih tinggi. Apabila tadinya seorang bayi hanya dapat mengucapkan satu atau dua kata, seiring dengan berkembangnya anak, dia akan menguasai beberapa kata lain sampai akhirnya dapat mengucapkan kalimat dengan lancar. Namun, proses belajaran tidak hanya menyangkut bahasa saja tetapi juga berbagai aspek lain di dalam kehidupan ini. Manusia tentu akan melalui tahap demi tahap proses pembelajaran yang akan membuatnya lebih mahir dari sebelumnya.

Pengertian Teknik Pembelajaran Menurut Para Ahli

Proses pembelajaran yang dialami dan dilalui manusia dapat berbeda-beda. Hal ini tergantung dari kemampuan orang tersebut untuk menyerap ilmu ataupun hal-hal yang diajarkan kepadanya. Ilmu tersebut dapat disampaikan melalui beragam cara. Cara-cara tersebut dikenal dengan teknik pembelajaran. Sebenarnya setiap orang dapat secara bebas melakukan proses pembelajaran asalkan hal tersebut dilakukan sesuai aturan dan norma yang ada. Oleh karena itu, sekarang ini banyak terdapat beragam teknik pembelajaran yang ada di dunia. Misalnya saja teknik pembelajaran mengemudi, menjahit, pendidikan formal, dan lain sebagainya.

Para ahli telah banyak berpendapat mengenai pengertian pembelajaran. Namun, pada intinya pengertian teknik pembelajaran menurut para ahli adalah suatu cara yang dilakukan untuk memberikan nilai, ilmu, pemahaman, serta konsep-konsep yang bertujuan untuk menambah pengetahuan, kemampuan, wawasan, serta ilmu pengetahuan yang berguna bagi individu maupun masyarakat luas. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat diatarik kesimpulan bahwa tujuan dari teknik pembelajaran adalah hal yang positif dimana memberikan manfaat bagi yang menerima pembelajaran tersebut.

Sementara itu, sebenarnya dalam proses pembelajaran terjadi proses transfer informasi. Dalam hal ini, pemberi materi bertukar informasi dengan penerima materi. Sehingga, sebaiknya terjadi proses interaksi antara kedua belah pihak tersebut. Kemudian, dalam proses pembelajaran juga diharapkan terjadi proses saling berlajar dimana pemberi materi juga belajar dari penerima materi. Sehingga, kedua belah pihak akan saling menambah pengetahuan satu sama lain.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel Pengertian Teknik Pembelajaran Menurut Para Ahli ini. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman ya ... Semoga bermanfaat.

plusone  twitter  facebook Share
Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.