Penyebab Terjadinya Deflasi

Deflasi adalah suatu keadaan dimana terjadi penurunan harga barang-barang secara umum dan terus menerus atau terjadi peningkatan nilai uang. Deflasi terjadi karena kurangnya uang yang beredar di masyarakat. berdasarkan proses terjadinya, deflasi dibedakan menjadi dua, yaitu deflasi sirkulasi dan deflasi strategis. Deflasi sirkulasi terjadi pada masa transisi kemakmuran ekonomi. Kemudian akan menimbulkan kemerosotan ekonomi. Hal ini akibat dari ketidakseimbangan antara daya produksi dan konsumsi. Sementara itu, deflasi strategis terjadi akibat diterapkannya kebijakan pengawasan atas gelaja konsumsi yang berlebihan. Hal ini dimaksudjan untuk mengatasi kenaikan harga pasar.

Penyebab  terjadinya deflasi antara lain adalah karena empat hal. Pertama, meningkatknya persediaan barang. Kedua, karena naiknya permintaan uang. Selanjutnya, adalah karena menurunnya permintaan barang barang. Terakhir adalah karena menurunnya persediaan uang di pasar. Deflasi membuat pendapatan di masayarakat menurun dan jumlah uang yang beredar di masyarakat semakin berkurang. Selain itu, deflasi juga menyebabkan investasi di sektor riil dan pasar saham menjadi lesu.

Penyebab Terjadinya Deflasi

Deflasi dapat di tanggulangi dengan beberapa cara. Cara pertama adalah dengan memotong suku besar. Namun, memotong suku bunga sebenarnya bukan merupakan langkah final untuk menanggulangi deflasi. Namun, langkah ini diambil sebagai jalan sementara untuk menggairahkan ekonomi sehingga diharapkan harga akan bergerak naik. Selain itu, deflasi juga dapat diatasi dengan menerapkan kebijakan pemerintah melalui tambahan penbelanjaan sejumlah celah deflasi yang terjadi. Kemudian, menambahkan pengekuaran masyarakat untuk konsumsi dan untuk investasi.

Sementara itu, langkah yang juga dapat diambil untuk menanggulangi deflasi adalah dengan cara memberikan stimulus ekonomi melalui pemberian bantuan kikuiditas ke sektor bisnis. Di samping itu, pemerintah juga dapat melakukan tindakan konkret dengan cara memotong pajak dan meningkatkan belanja untuk menggairahkan perekonomian. Kemudian, Bank Sentral dapat meningkatkan peredaran uang di masayarakat dengan cara membeli surat hutang dan menukarkannya dengan uang tunai. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diharapkan pemerintah dapat melakukan tindakan konkret yang dapat mengatasi deflasi agar hal ini tidak memberikan dampak berkepanjangan.