Tips Memilih Ektrakurikuler

Sekolah sebagai tempat belajar kini tidak hanya untuk mempelajari ilmu eksak tetapi juga untuk mempelajari minat-minat lain. Beberapa contoh minat yang dimiliki antara lain adalah di bidang olahraga, kesenian, beladiri, dan bahasa. Sekarang ini, beragam peminatan tersebut berada dalam suatu wadah yang bernama ekstrakurikuler. Hampir semua sekolah baik dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi menawarkan berbagai jenis ektrakulikuler. Sehingga, anak murid dapat lebih mudah mempelajari, mengembangkan, dan menyalurkan minat dan bakat yang dimilikinya.

Minat dan bakat yang dimiliki seseorang tentu berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, dibutuhkan sarana yang tepat untuk dapat menampung minat tersebut. Di zaman yang sudah maju seperti sekarang ini, dimungkinkan adanya suatu tes untuk mengetahui minta dan bakat seseorang. Dari hasil tersebut, kemudian diketahui minat seseorang dan ekstrakurikuler apa yang cocok dan sesuai dengan orang tersebut. Hasil tes juga kemungkinan akan berisi lebih dari satu minat. Namun, dengan adanya beragam jenis ektrakurikuler yang ada saat ini, tentu bukan perkara sulit untuk menyalurkan beragam bakat yang dimiliki seseorang.

Tips Memilih Ektrakurikuler

Apabila Anda tidak mengikuti tes untuk mengetahui minat, mungkin Anda merasa sedikit kebingunan dalam memilih ektrakurikuler. Berikut adalah tips memilih ekstrakurikuler. Pertama, pilihlah ekstrakurikuler yang dapat mendatangkan manfaat untuk Anda. Misalnya saja, ekstrakurikuler debat bahasa inggris. Selain melatih kemampuan bahasa, dengan mengikuti kegiatan ini Anda akan memiliki kesempatan untuk ikut serta dalam lomba debat baik di kancah nasional dan internasional. Selain mendapatkan pengalaman, kejuaran yang berhasil dirauh tentu akan bermanfaat untuk Anda di masa depan. Misalnya saja sebagai prestasi yang dipertimbangkan untuk menerima beasiswa prestasi.

Tips kedua adalah pilihlah ekstrakurikuler yang memiliki jam latihan yang fleksibel. Apabila Anda memiliki jadwal yang cukup padat, misalnya saja, selain sekolah Anda juga mengambil beberapa les mata pelajaran, Anda tentu memiliki sedikit waktu untuk mengikuti kegiatan kestrakurikuler. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan cara memilih ekstrakurikuler di akhir pekan, misalnya, Sehingga, Anda tetap dapat mengikuti kegiatan belajar tetapi juga kegiatan ekstrakurikuler.