Penduduk di berbagai belahan dunia tentu memerlukan moda transportasi untuk melakukan mobilisasi atau perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain. Beragam jenis moda transportasi banyak tersedia, mulai dari transportasi publik sampai pribadi. Transportasi publik adalah transportasi yang disediakan oleh pemerintah maupun pihak swasta yang dapat digunakan untuk publik atau masyararakat umum. Beberapa contoh transportasi publik antara lain adalah bus, kereta api, pesawat terbang, dan MRT. Kemudian, transportasi pribadi adalah tranportasi yang dimiliki oleh perorangan, misalnya saja mobil dan sepeda motor.

Kondisi jalanan yang macet khususnya di kota besar membuat banyak orang menginginkan transportasi yang aman, nyaman, dan cepat. Sayangnya, hal ini belum dapat dipenuhi oleh transportasi publik. Sehingga, banyak orang yang kemudian beralih ke transportasi pribadi khususnya sepeda motor. Jumlah sepeda motor di jalan sekarang ini memang bertambah banyak dibandingkan dengan limat atau sepuluh tahun yang lalu. Beberapa alasan orang beralih ke moda transportasi ini adalah karena sepeda motor dapat menyalip di saat macet sehingga lebih cepat sampai tujuan dan biaya BBM yang lebih murah dibandingkan dengan BBM untuk mobil.

Tips Menghemat BBM Sepeda Motor

Walaupun BBM untuk sepeda motor cenderung lebih murah, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang juga akan mengekuarkan biaya BBM yang mahal apabila tidak menghemat penggunaannya. Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat BBM sepeda motor. Pertama, cek kondisi rem. Rem yang tidak dalam kondisi prima akan membuat laju kendaraan semakin berat dan hal ini berimbas pada BBM yang digunakan. Kedua, cek tekanan ban. Apabila tekanan angin kurang atau tidak sesuai dengan kondisi yang seharusnya, maka hal ini akan membuat BBM yang digunakan menjadi lebih boros.

Sementara itu, Anda juga perlu cek busi. Jangan sampai kondisi busi sudah tidak prima karena akan membuat performa sepeda motor menurun. Kemudian, cek pelumas. Pelumas juga merupakan salah satu faktor yang membuat kinerja mesin menjadi optimal dan berimbas pada penghematan BBM. Oleh karena itu, cek kondisi sepeda motor Anda secara teratur termasuk lakukan perawatan pada suku cadang yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel Tips Menghemat BBM Sepeda Motor ini. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman ya ... Semoga bermanfaat.

plusone  twitter  facebook Share
Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.