Pernikahan merupakan impian setiap pasangan yang sedang memadu kasih. Tak heran bila semua pasangan pasti memiliki pernikahan impian yang ingin diwujudkan. Namun, untuk melangsungkan pernikahan perlu melalui beberapa proses. Proses tersebut antara lain adalah lamaran, akad nikah, dan resepsi. Tidak sedikit orang yang menggunakan adat atau tradisi tertentu untuk prosesi pernikahan mereka. Tetapi ada pula yang tidak menggunakan adat atau dengan kata lain memakai tema modern. Beragam alasan turut mempengaruhi keputusan tersebut antara lain untuk melestarikan tradisi, menyukai suatu adat tertentu, sampai pada budget atau biaya.

Bagi Anda yang memiliki biaya yang memadai untuk melangsungkan pernikahan impian Anda, pasti bukan perkara sulit untuk mewujudkannya. Namun, bagi Anda yang memiliki biaya terbatas, penganggaran yang efektif dan efisien dirasa amat penting. Namun, apabila Anda ingin pernikahan Anda tetap berkesan dan sesuai dengan impian walaupun dengan biaya terbatas, Anda dapat mempertimbangkan beberapa tips berikut ini.

Tips Menghemat Biaya Pernikahan

Pertama, langsungkan prosesi penikahan di kediaman mempelai, baik mempelai pria maupun wanita. Hal ini akan menghemat anggaran sewa gedung. Sehingga, Anda dapat menganggarkannya untuk keperluan lain. Kedua, akad nikah dan resepsi dapat dilangsungkan dalam hari yang sama. Sehingga, Anda dapat menghemat biaya untuk hiasan atau ornamen pernikahan maupun untuk konsumsi. Ketiga, Anda dapat menyesuaikan prosesi adat. Misalnya saja Anda ingin menjalankan prosesi adat Jawa, tetapi Anda dapat menyiasatinya untuk menghemat biaya. Pernikahan adat Jawa tentu memiliki beberapa prosesi, mulai dari siraman, malam widodareni, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga memerlukan baju yang berbeda-beda untuk tiap prosesi. Cara menghematnya adalah dengan cara melakukan prosesi yang penting saja. Karena yang terpenting adalah ijab kabul, maka adat Jawa dapat diterapkan hanya pada proses ijab kabul.

Sementara itu, jumlah undangan juga mengurangi biaya pernikahan. Biaya konsumsi misalnya, untuk 500 undangan tentu akan berbeda dengan biaya konsumsi untuk 1000 undangan. Sehingga, tentukanlah jumlah undangan. Pilihlah orang-orang yang memang ingin Anda undang. Selain itu, sesuaikan jumlah undangan dengan jumlah konsumsi. Jangan sampai undangan yang hadir melebihi jumlah konsumsi atau sebaliknya.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel Tips Menghemat Biaya Pernikahan ini. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman ya ... Semoga bermanfaat.

plusone  twitter  facebook Share
Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.