Air merupakan salah satu sumber pokok yang diperlukan makhluk hidup baik manusia, tumbuhan, dan hewan. Air digunakan manusia untuk minum, memasak, mencuci, mandi, dan lain-lain. Namun, air yang digunakan sebaiknya berasal dari sumber air yang bersih. Selain itu, proses pengolahannya juga harus bersih dan higienis. Hal ini bertujuan agar air yang dikonsumsi terbebas dari kuman, bakteri, dan hal lain yang tidak baik bagi kesehatan.

Sementara itu, manusia juga memerlukan sumber energi untuk mendukung aktivitas. Salah satu sumber energi yang paling dibutuhkan adalah listrik. Listrik digunakan untuk memberikan penerangan di malam hari, menyalakan beragam peralatan rumah tangga seperti setrika, penanak nasi, dan lain sebagainya. Pasokan listrik yang stabil memang sangat penting. Namun, penggunaan listrik akan berimbas pada biaya yang harus dibayar tiap bulan.

Tips Menghemat Energi Air PDAM dan Listrik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Saat ini, di Indonesia telah ada PDAM yang menyediakan air untuk konsumsi manusia. Tetapi perlu diingat bahwa penggunaan air PDAM juga dikenakan biaya tiap bulan. Selain berkenaan dengan biaya, kedua sumber energi tersebut juga merupakan energi yang dapat habis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghemat energi air PDAM dan listrik agar ketersedian energi tersebut tetap terjaga di masa depan. Berikut adalah beberapa tips menghemat energi air PDAM dan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Pertama, nyalakan kran air hanya ketika akan digunakan. Setelah itu, matikan kran air apabila telah selesai digunakan. Begitu pun dengan penggunaan listrik. Nyalakan peralatan elektronik ketika digunakan dan matikan apabila telah selesai. Contohnya adalah lampu. Nyalakan lampu di malam hari atau apabila ruangan gelap dan matikan apabila tidak memerlukan penerangan. Kedua, sebaiknya tampung air PDAM di bak penampungan. Sehingga, Anda tidak perlu menyalakan air berkali-kali. Selain itu, apabila terjadi krisis air, Anda akan memiliki persediaan air. Kemudian, berkenaan dengan penghematan listrik, sebaiknya Anda dapat mematikan lampu kamar di saat tidur. Selain akan membuat Anda semakin nyaman, hal ini juga akan menghemat listrik.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel Tips Menghemat Energi Air PDAM Dan Listrik Dalam Kehidupan Sehari-hari ini. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman ya ... Semoga bermanfaat.

plusone  twitter  facebook Share
Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.