Cara Mudah Belajar Gitar

Cara mudah belajar gitar sudah tentu menjadi perhatian lebih dari semua orang, khususnya bagi Anda yang hobi bermain alat musik. Gitar merupakan sebuah alat musik yang dibunyikan dengan cara dipetik bagian tali atau senarnya. 

Seiring dengan perkembangan jaman, salah satu alat musik petik ini pun terbagi menjadi dua jenis yang populer, yaitu gitar klasik dan gitar listrik. Pada umumnya, setiap orang pasti ingin belajar dengan cepat supaya dapat memainkan gitar dengan lancar. Akan tetapi, Anda harus menyadari bahwa setiap pembelajaran itu membutuhkan proses terlebih dahulu.

Gitar merupakan alat musik yang memiliki enam senar utama dan sudah pasti tidak terdengar asing lagi di telinga kita semua, khususnya yang hobi menyanyi. Mengapa demikian? Sebab pada umumnya gitar dimainkan untuk mengiringi sebuah lagu yang sedang dinyanyikan. Maka dari itu, hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum menerapkan cara mudah belajar gitar adalah dengan mengenai keenam senar tersebut, mulai dari senar 1 (E) yang terdapat di sisi paling bawah, senar 2 (B), senar 3 (G), senar 4 (D), senar 5 (A), hingga senar 6 (E) di paling atas.

Setelah itu, kita bisa memulai dengan tahap berikutnya, seperti berikut ini :

1.    Mempelajari chord gitar
Bagi Anda para pemula yang ingin belajar bermain gitar, hal pertama yang harus sering dilakukan adalah mempelajari dasar-dasar chord a tau kunci gitar, misalnya Dm, Em, G, F, dan C. Posisikan tangan Anda senyaman mungkin supaya dapat menghafal kunci-kunci tersebut.

2.    Iringi lagu
Setelah Anda menguasai kunci-kunci gitar tersebut, Anda bisa melangkah ke tahapan berikutnya, yaitu dengan bermain gitar untuk mengiringi sebuah lagu. Pilihlah lagu favorit Anda yang bernada sederhana agar tidak terlalu rumit ketika memainkan gitar. Atau Anda juga bisa mencari chord-chord gitar di dunia maya untuk mempermudah proses pembelajaran.

3.    Rajin belajar
Meskipun Anda sudah lancar bermain gitar untuk mengiringi lagu, janganlah cepat berpuas diri! Anda harus rajin belajar dengan berlatih secara teratur. Luangkanlah sedikit waktu setiap harinya untuk bermain gitar. Sebab selain untuk memperlancar gaya bermain Anda, bermain gitar juga bisa menghilangkan stress yang sedang melanda Anda sekarang ini. Buktikan sendiri khasiatnya!