Cara Mudah Cepat Tidur

Cara mudah cepat tidur memang perlu diketahui, terutama bagi Anda yang mengalami insomnia atau menderita gangguan sulit tidur. Sebab seperti yang kita ketahui bersama, tidur adalah kegiatan yang paling penting bagi setiap orang supaya dapat beristirahat dengan tenang setelah letih menjalani aktivitas harian.

Pada umumnya setelah tidur, tubuh kita akan menjadi lebih segar dan sehat dari sebelumnya bukan? Maka dari itulah, kita harus menyadari betapa pentingnya tidur setiap hari. Bahkan, para ahli kesehatan dan kedokteran juga menyarankan kita untuk tidur minimal delapan jam per hari untuk menjaga kesehatan dan stabilitas tubuh supaya lebih fit keesokkan hari.

Beberapa cara mudah cepat tidur yang bisa kita coba lakukan di rumah di antaranya adalah :

1.    Jangan malas!
Ya, jika ingin cepat tidur di malam hari, jangan sampai Anda hanya bermalas-malasan di rumah, meskipun sedang liburan. Sebab tubuh Anda akan tetap merasa segar sehingga kesulitan untuk tidur yang menyebabkan Anda begadang di tengah malam. Tetapi sebaliknya, Anda harus aktif melakukan aktivitas, misalnya dengan berolahraga, dan lain sebagainya. Biasakanlah diri Anda untuk aktif setiap hari supaya menjadi mudah mengantuk dan tidur terlelap di malam hari.

2.    Jangan meminum kopi
Terdapat sejumlah makanan dan minuman yang harus Anda hindari sebelum tidur di malam hari. Salah satunya adalah kopi atau minuman lainnya yang memiliki kandungan kafein. Anda harus menyadari, bahwa setiap asupan yang masuk ke dalam sistem pencernaan di dalam tubuh Anda itu juga dapat mempengaruhi mudah atau sulitnya Anda tertidur.  Jika Anda terbiasa meminum kopi, bisa coba menggantinya dengan meminum segelas susu hangat yang bisa membuat Anda lebih mengantuk.

3.    Padamkan lampu
Untuk memudahkan tidur Anda di malam hari, segera padamkan lampu kamar Anda! Jika Anda takut akan gelap, bisa menyalakan lampu meja yang bercahaya remang-remang agar tidak menyilaukan mata Anda ketika tertutup. Bahkan, para ahli kesehatan juga menyatakan, tidur dengan lampu mati jauh lebih baik dibandingkan tertidur dengan lampu menyala, karena dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.