Doa Agar Dimudahkan Dalam Persalinan

Memiliki buah hati merupakan sebuah anugerah yang tak ternilai harganya. Kehadiran seorang anak ditengah-tengah keluarga pun akan menambah keceriaan dan keharmonisan rumah tangga. Untuk itu banyak pasangan yang sudah menikah akan berusaha keras untuk memiliki momongan secepatnya. Ketika seorang wanita berhasil mengandung seorang anak dalam rahimnya, tak sedikit dari mereka yang merasa khawatir bagaimana saat bersalin nanti. Melahirkan selalu identik dengan rasa sakit, sehingga banyak calon ibu yang memilih operasi caesar saat bersalin dibandingkan dengan melahirkan secara normal untuk menghindari rasa sakit tersebut.
Rasa sakit yang dialami weorang wanita saat bersalin sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Rasa takut yang berlebihan. Sehingga fisiologi tubuh mengalami ketakutan dan mengakibatkan area pinggul dan jalur lahir menyempit.
  • Mindset bahwa melahirkan itu sakit.
  • Pikiran terlalu tegang. Jika pikiran kita terlalu disibukkan dengan pemikiran semacam ini, maka akan berakibat pada ketegangan di semua organ dan otot tubuh.

Ada beberapa cara yang bisa memudahkan Anda untuk melahirkan tanpa rasa sakit dan kuat, yaitu:

  1. Sering jalan kaki untuk melemaskan otot-otot sekitar pinggul
  2. Mengikuti saran dokter, misalnya dengan minum vitamin dan lain-lain.
  3. Mengonsumsi buah-buahan dan jus buah.
  4. Mengonsumsi madu dan sari kurma.
  5. Jika memungkinkan, minumlah air zam-zam.
  6. Sering berdzikir atau menyebut nama Allah setiap hari.

Selain tips diatas, untuk kelancaran bersalin, Anda bisa membaca Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, Surat An-Nas, Surat At-Tariq, Surat Maryam, Surat Yassin, Ayat Kursi, Surat Al-Baqarah ayat 54, Surat A’basa ayat 18-20, dan doa berikut ini:
“Hanna Waladat Maryama Wa Maryama Waladat ‘iisaa Ukhruj Ayyuhal Mauluudu Biqudrotil Maliki Ma’buudi.”
Artinya adalah “Hanna melahirkan Maryam, sedangkan Maryam telah melahirkan ‘Isa. Keluarlah (lahirlah) hai anak dengan sebab kekuasaan raja (Allah) yang disembah.”
Doa-doa tersebut bisa dibacakan dalam segelas air untuk kemudian diminumkan kepada wanita yang hendak melakukan persalinan. Atau bisa juga dengan membacakannya pada minyak zaitun dan diusapkan pada perut sang ibu.