Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil memang harus dihindari sebisa mungkin. Seperti yang diketahui, asupan gizi pada makanan adalah faktor yang paling penting untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat. Dengan menyantap makanan yang mengandung gizi serta nutrisi yang cukup, maka bisa menyebabkan ibu hamil dan janin yang dikandungnya selalu berada dalam kondisi kesehatan yang fit benar hingga menuju waktu persalinan.

Anda harus mengingat bahwa perkembangan janin di dalam kandungan sangat bergantung pada makanan yang Anda santap setiap harinya. Maka dari itu, tentu saja Anda harus memperhatikan dengan baik dan benar, makanan apa saja yang baik disantap dan makanan apa saja yang harus dihindari. Berikut di bawah ini adalah beberapa makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil :

  1. Makanan setengah matang
    Hal itu dikarenakan makanan setengah matang atau mentah ini sangat mudah dijangkiti berbagai kuman dan bakteri penyakit sehingga dapat menyebabkan infeksi. Maka dari itu, hindarilah makanan seperti telur setengah matang, sate, sushi, kerang, daging sapi mentah, dan lainnya. Apabila Anda sedang mengidam sushi, sebaiknya pilih sushi yang dagingnya dimasak.
  2. Seafood
    Makanan laut seperti ikan tuna, kakap, salmon, udang, kerang dan jenis seafood lainnya memang tidak disarankan untuk disantap oleh ibu hamil karena mengandung merkuri yang dikhawatirkan dapat menghambat pertumbuhan otak (sistem saraf) janin di dalam kandungan Anda.
  3. Sayuran yang tidak dicuci
    Pastikan sebelum menyantap makanan, cuci sayuran terlebih dulu supaya kebersihannya bisa terjamin, khususnya ketika memakan lalap atau salad.
  4. Makanan instant
    Pada saat hamil, berusahalah untuk menghindari menyantap makanan instant dalam bentuk makanan kaleng dan makanan cepat saji seperti mie instant, dan lainnya. Sebab makanan kaleng pada umumnya mengandung pengawet, penyedap, dan pewarna makanan sehingga tidak baik untuk dikonsumsi ibu hamil.
  5. Kaffein                                                                                                                                                                                                                              Makanan dan minuman yang mengandung kaffein, alkohol, dan teh juga tidak boleh dimakan ibu hamil. Karena dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran atau kondisi tubuh bayi yang cacat pada saat dilahirkan.