Doa Agar Dimudahkan Membayar Hutang

Setiap manusia pasti tak pernah lepas dengan maslah keuangan. Beberapa diantaranya bahkan rela untuk berhutang saat tidak ada lagi pilihan lain untuk bisa tetap hidup. Masalah hutang memang tak pernah terlepas dari masalah ekonomi. Berhutang terkadang dilihat sebagai jalan keluar dari masalah ini sehingga banyak orang yang rela mengambil resiko. Saat jatuh tempo, barulah kita bingung bagaimana caranya untuk melunasi hutang-hutang tersebut sedangkan uang yang kita punya tidak ada atau belum cukup.

Ingatlah bahwa dibalik kesulitan selalu ada kemudahan. Allah tak akan pernah memberikan masalah jika memang kita tidak bisa menyelesaikannya. Begitu pula dengan masalah hutang. Allah mengajarkan kita untuk mengamalkan beberapa doa yang bisa memudahkan kita membayar hutang. Berikut diantaranya:

???????? ???????? ?????????? ???? ?????????? ??????????? ?????????? ??????? ???????

Artinya adalah “Ya Allah cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal sehingga aku terhindar dari rezeki yang haram dan perkayalah aku dengan karunia-Mu sehingga aku tidak meminta kepada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563)
Doa diatas merupakan doa yang Rasulullah SAW ajaran pada Ali bin Abi Thalib. Beliau bersabda dengan hanya mengamalkan beberapa patah kata tersebut, seandainya seseorang memiliki hutang sebesar gunung, maka Allah akan membayar hutangnya.
Selain doa tersebut, Rasulullah juga pernah memberika doa agar dimudahkan dalam membayar hutang, pada Abu Umamah sebagai berikut:

????????? ??????????? ????????? ???? ???? ????????? ??????????? ???????? ???? ???? ??????? ?????? ??????????
?????????????????? ????????? ???????? ???? ???? ????????? ??????????? ????????? ???? ????

Artinya: “ Ya Allah saya berlindung kepada Engkau dari kesusahan dan kesedihan, saya berlinduung kepada Engkau dari kelemahan dan kemalasan, saya berlindung kepada engkau dan kepengecutan dan kekikiran, saya berlindung kepada Engkau dari himpitan hutang dan paksaan orang.”

Selain itu ada amalan lain untuk bisa segera melunasi hutang, yaitu setiap selesai menunaikan ibadah shalat Isya, biasakan membaca surat Al-Fatihah sebanyak 300 kali dan membaca kalimat “Laa hawla walaa quwwata illaa billahil aliyyil azhiim” sebanyak 41 kali.