Proses Terjadinya Tanah Longsor

Tanah adalah salah satu komponen abiotik yang sangat di butuhkan oleh manusia karena kita hidup dan tinggal di atas tanah jika tidak ada tanah maka kita tidak tahu akan hidup dimana. Tanah memberikan kita sumber kehidupan, kita bisa bercocok tanam diatas tanah yang nanti hasilnya akan kita makan ataupun jual untuk keperluan kita sehari – hari.

Tanah juga dapat menjadi sumber mala petaka bagi manusia jika tidak di rawat seperti tanah longsor, disini kita akan membahas proses terjadinya tanah longsor. Namun, sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu tanah longsor dan penyebabnya.

Pengertian tanah longsor
Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau material campuran tersebut, bergerak ke bawah atau keluar lereng.

Penyebab terjadinya tanah longsor

Kekuatan (gaya) pendorong pada lereng lebih besar dari kekuatan (gaya) penahan. Gaya penahan umumnya dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah. Sedangkan gaya pendorong dipengaruhi oleh besarnya sudut kemiringan lereng, air, beban serta berat jenis tanah batuan.

 Faktor alam

  1. Karena iklim atau curah hujan yang tinggi
  2. Keadaan lereng yang curam
  3. Kondisi drainase yang tersumbat, akumulasi massa air, erosi dalam, pelarutan dan tekanan hidrostatik

 Faktor manusia

  1. Penebangan pohon liar sehingga hutan gundul
  2. Budiaya kolam ikan diatas lereng gunung
  3. System drainase daerah lereng yang tidak ba

Proses terjadinya tanah longsor

  1. Air yang meresap ke dalam tanah akan menambah bobot tanah
  2. Jika air tersebut menembus sampai tanah kedap air yang berperan sebagai bidang gelincir, maka tanah menjadi licin
  3. Tanah pelapukan di atasnya akan bergerak mengikuti lereng dan keluar lereng.

Akibat yang di timbulkan tanah longsor

Tanah longsor akan berakibat pada benda maupun manusia, akibat tanah longsor manusia bisa meninggal dunia akibat tertimbun tanah serta perumahan dan harta benda akan rusak karna terkena serbuan tanah yang kecepatannya bisa mencapai 75 Km/jam.