Makanan Khas Belanda

Meskipun tidak terlalu beragam, tetapi makanan khas Belanda juga terkenal di dunia, terutama karena produk keju dan cokelatnya. Kuliner tradisional di negeri kincir angin ini sendiri lebih banyak dipengaruhi oleh hasil tangkapan nelayan, terutama ikan haring, dan hasil pertanian. Dengan porsi sayuran dan makanan laut yang lebih besar dibandingkan makanan dari daging, makanya makanan dari Belanda juga merupakan hidangan yang sehat.

Makanan khas Belanda menurut sejarah juga berkaitan erat dengan makanan Prancis bagian utara, terutama terlihat di banyak restoran tradisional dan daerah selatan Belanda. Sekitar abad ke-15, muncul pula masakan Haute yang terdiri dari beragam buah dan kacang, serta keju dan daging, yang saat itu hanya dikonsumsi oleh kaum aristokrat. Kemudian, pada abad ke-18, kentang menjadi populer, yang akhirnya menjadi salah satu makanan pokok saat itu.

Berikut ini ada empat jenis makanan khas Belanda, yaitu sebagai berikut:

  1. Stamppot                                                                                                                                                                                             Setiap membicarakan makanan khas Belanda, maka nama makanan ini akan muncul pertama kali. Stamppot yang merupakan makanan musim dingin ini, dibuat dari kentang yang direbus, lalu dihancurkan dan dicampur dengan beberapa sayuran, seperti wortel atau sayuran hijau lainnya, yang kemudian dihidangkan ketika masih panas bersama sosis besar, Rookworst.
  2. Olliebollen
    Makanan khas Belanda yang satu ini hanya ada pada musim dingin dan musim gugur. Olliebollen ini juga mudah ditemukan pada saat malam Tahun Baru, sebagai salah satu makanan tradisi. Makanan ini merupakan roti goreng khas Belanda yang disajikan dengan tambahan kismis, sehingga cukup enak. Roti ini terlihat seperti Odading dari Bogor.
  3. Stroopwafel
    Jenis wafel ini dibuat dari adonan tepung, yang dicampur dengan mentega dan susu. Lalu, adonan tersebut dipanggang, dan kemudian diberi karamel di tengah-tengahnya. Stroopwafel ini sangat renyah saat dimakan, dengan rasa yang legit tapi manis. Selain wafel ini, juga ada jenis pancake bernama Pannenkoeken yang merupakan makanan tradisional Belanda.
  4. Patat                                                                                                                                                                                                   Makanan ini adalah kentang goreng. Patat disajikan dalam bungkusan berbentuk kerucut, dengan saus di atasnya, baik berupa saus tomat ataupun kari, mayonaise, dan selai kacang. Ada pula yang menambahkan potongan bawang bombay di atasnya, dalam menu spesial. Meski banyak ditemukan di Belanda, tapi ada juga yang menyebutnya berasal dari Belgia.