Cara Mengetes Garam Beryodium

Ibu rumah tangga yang senang memasak pasti sudah sangat akrab dengan penggunaan garam bahkan hampir tidak ada makanan yang bisa dibuat tanpa menambahkan garam. Tanpa bumbu ini, makanan akan terasa hambar dan kurang sedap. Namun tahukah para ibu bahwa garam yang baik digunakan adalah yang sudah dicampur dengan yodium. Zat ini aman dipakai untuk memasak bahkan sangat dianjurkan karena memiliki sejumlah manfaat. Salah satunya dalah mencegah penyakit gondok.

Saat ini penderita penyakit gondok memang sudah semakin sedikit dan untuk mencegahnya kita dianjurkan untuk mengkonsumsi garam beryodium sebanyak 6 gram. Tapi ingat jangan berlebihan karena bisa menyebabkan hipertiroid. Untuk mengeceka apakah garam yang biasa Anda gunakan untuk memasak sudah mengandung yodium, lakukanlah pengetesan sederhana dengan singkong, dan cuka. Parut singkong dan peras airnya, tambahkan dengan 6 sendok teh garam dan 2 sendok cuka lalu aduk sampai rata. Jika air berubah warna menjadi ungu maka garam tesebut telah diperkaya dengan yodium.

Cara Mengetes Garam Beryodium

Para ibu juga harus mengetahui bagaimana memilih garam yang baik. Berikut ini adalah tips mendapatkan garam beryodium dengan kualitas terbaik:

  • Periksalah isi, dan pastikan tertulis kadungan yodium sebesar 30-80 ppm.
  • Pilihlah garam yang dikemas dengan baik, rapi, dan tidak bocor.
  • Garam yang baik berwarna putih dan tidak basah.
  • Hindari membeli garam tanpa kemasan.
  • Lebih baik memilih garam yang dikemas dalam plastik kecil sehingga tidak lama disimpan dalam keadaan terbuka.

Agar kandungan yodium tidak hilang, perhatikan bagaimana Anda memasak. Membubuhkan garam saat masakan masih di atas kompor mungkin akan membuat hidangan lebih sedap tetapi yodium dalam garam bisa menguap dan rusak. Lebih baik tunggu sampai suhu makanan menurun dan baru ditambahkan dengan garam.  Sangat dianjurkan untuk menutup panci saat sedang memasak agar garam beryodium tidak menguap. Garam yang memiliki kandungan yodium sangat baik untuk membuat anak lebih cerdas jadi jangan lupa untuk menambahkan sedikit bumbu ini dalam setiap hidangan yang Anda sajikan untuk buah hati.