Contoh Paragraf Generalisasi

Generalisasi adalah proses pendefinisian yang muncul dari pernyataan-pernyataan khusus menjadi suatu kesimpulan yang bersifat umum. Pada paragraf generalisasi, tulisan yang disampaikan didasarkan dari sekumpulan pernyataan atau peristiwa-perstiwa yang sudah ada. Pada paragraf Generalisasi, penalaran yang digunakan adalah penalaran induktif. Paragraf dengan penalaran induktif adalah paragraf yang menempatkan gagasan pokoknya pada bagian akhir paragraf.

Contoh dari paragraf generalisasi adalah sebagai berikut:

“Setiap sore sepulang sekolah Ani selalu mengasuh adik kecilnya sembari beristirahat, kemudian setelahnya di akan membantu ibunya didapur untuk menyiapkan makan malam. Selepas makan malam ani akan mengerjakan tugas sekolahnya hingga pukul 10 lalu ke esokan harinya dia akan bangun pagi agar bisa membantu ibunya sebelum berangkat ke sekolah. Begitulah kegiatan sehari-hari ani, bahkan pada saat weekend pun Ani tak akan menyia-nyiakan seluruh waktunya hanya untuk bermain. Ani memang anak yang rajin dan berbakti pada orang tua”.

Contoh Paragraf Generalisasi

“Sekarang ini banyak sekali orang yang cenderung bersifat individualis. Umumnya sifat seperti ini muncul pada mereka yang tinggal dikota-kota besar. Mereka sudah tidak mau lagi bersosialisasi dengan tetangga ataupun melakukan kerja bakti. Kebanyakan sudah terlalu sibuk dengan rutinitas mereka di kantor. Kalaupun mereka berinteraksi dengan orang lain, hal tersebut dilakukan demi bisnis atau kepentingannya sendiri. Orang baru itu berasal dari kota Jakarta, barang tentu ia akan berlaku individualis seperti orang-orang dari kota besar lainnya”.

“Burung merpati berkembang biak dengan bertelur. Begitu juga dengan burung Kakatua dan burung Beo. Hal yang sama juga terjadi pada burung elang dan burung unta. Selain burung, hewan lain yang juga bertelur adalah ayam dan bebek. Semua hewan yang masuk golongan unggas-unggasan pasti berkembang biak dengan cara bertelur”.

Kira-kira itulah contoh dari paragraf generalisasi yang pikiran utamanya diletakkan pada akhir kalimat, sedangkan kalimat-kalimat sebelumnya adalah kalimat yang berisikan penjelasan mengenai alasan-alasan mengapa penulis bisa mengambil kesimpulan seperti yang dinyatakan pada akhir kalimat. Demikian ulasan mengenai paragraf generalisasi, semoga bisa bermanfaat.