Contoh Pidato Gubernur

Seorang pejabat pemangku pemerintahan seperti gubernur tentulah kerap kali diharapkan untuk mampu memberikan sambutan atau pidato didepan khalayak ramai. Keterampilan berbicara didepan umum merupakan hal yang mutlak oleh mereka yang diberi amanat untuk memimpin. Bagi kalian yang saat ini masih mengenyam pendidikan di sekolah, penting untuk mulai memupuk keberanian dan mengasah keterampilan untuk berbicara didepan umum. Untuk kalian yang mendapatkan tugas untuk membuat contoh pidato gubernur, silakan simak tips menulis pidato gubernur berikut ini.

Untuk membuat contoh pidato gubernur, kalian bisa mengangkat topik yang berkaitan dengan politik kenegaraan, event-event sosial budaya, sejarah, ekonomi dan sebagainya. Sebelum memilih tepat tentukan dulu tujuan disampaikannya pidato. Setelah menentukan tema apa yang akan diangkat mulailah untuk menyusun kerangka pidato. Kerangka pidato terdiri dari pembukaan, isi dan penutup. Pada bagian pembukaan, mulailah dengan menuliskan salam pembuka, dan dilanjutkan dengan kalimat sapaan kepada tamu-tamu penting serta seluruh hadirin yang mendengarkan. Setelah itu lanjutkan dengan ucapan rasa sukur kepada Yang Maha Esa.

Contoh Pidato Gubernur

Setelah bagian pembukaan selesai, lanjutkan dengan pembuatan isi pidato, misalnya pidato dibuat untuk disampaikan pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 agustus dengan tema kepahlawanan, maka buatlah isi yang relevan mengenainya. Untuk memastikan bahwa isi pidato terstruktur dengan baik, maka tentukanlah dahulu pokok-pokok pikiran yang ingin disampaikan. Misalnya mulai dengan arti penting perayaan kemerdekaan, pengertian istilah pahlawan, makna mendalam kepahlawanan sedikit bahasan mengenai aksi kepahlawanan dalam mengusir penjajah serta peranan kita sebagai warga negara indonesia masa kini dalam mempertahankan kemerdekaan. Setelah menentukan pokok-pokok pikiran pada  isi, mulailah menulis paragraf demi paragraf dengan sedemikian rupa sehingga terbangun keterkaitan.

Setelah isi selesai, mulailah mebuat penutup pidato. Menutup pidato bisa dimulai dengan memberikan simpulan pesan dari isi pidato yang dilanjutkan dengan himbauan atau harapan kepada hadirin. Setelah itu penting untuk menuturkan ucapan terima kasih serta permohonan maaf dan akhiri pidato tersebut dengan salam penutup. Setelah itu contoh naskah pidato gubernur kalian telah selesai dibuat, sekarang tinggal berlatih untuk menyampaikan pidatonya saja.