Definisi Pembangunan Menurut Para Ahli

Kata pembangunan sering dikaitkan dalam perkembangan ekonomi dalam suatu negara. Pembangunan yang pesat dapat menjadi tolak ukur maju atau tidaknya sebuah negara. Negara yang maju dipercaya memiliki masyarakat yang sejahtera pula. Hal ini yang mengakibatkan pembangunan selalu menjadi topik pembahasan yang hangat dalam kepentingan ekonomi, politik dan masyarakat.

Beberapa para ahli berbicara mengenai pembangunan. Masing-masing ahli memiliki definisi dan pandangan berbeda terhadap pembangunan. Berikut adalah definisi pembangunan menurut para ahli:

  • Rogers dan Shoemaker (1971)

Pembangunan adalah jenis perubahan sosial dengan ide-ide baru untuk kehidupan sosial dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan yang lebih tinggi dan memberikan tingkat kehidupan yang lebih tinggi pula melalui organisasi sosial yang baik dan produksi modern.

Definisi Pembangunan Menurut Para Ahli

  • Seers (1977)

Pembangunan adalah istilah teknis untuk membangkitkan kualitas hidup warga negara berkembang dengan cara menyadarkan mereka tentang kualitas pendidikan yang masih rendah, jumlah pengangguran yang masih banyak yang diakibatkan oleh ketidakadilan dalam kehidupan sosial.

  • Johan Galtung

Pembangunan adalah upaya untuk mewujudkan kebutuhan manusia demi kepentingan individu maupun kelompok dengan cara yang tidak merusak kelestarian alam atau kehidupan sosial manusia.

  • Mohammad Ali

Pembangunan adalah sebuah rencana untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat dengan cara memberi peningkatan pada taraf hidup mereka.

  • Drs. Joko Untoro

Pembangunan adalah kemajuan ekonomi yang dapat diwujudkan dengan cara mengubah struktur ekonomi yang terdahulu dan berusaha untuk meningkatkan pendapatan per kapitta

Berbagai ahli berbicara dan menjelaskan definisi pembangunan dalam kata-kata yang berbeda. Tetapi jika kita perhatikan semua ahli diatas sepakat untuk mendefinisikan pembangunan adalah usaha untuk memajukan kehidupan ekonomi bangsa dan tentunya membuat rakyat semakin sejahtera. Pembangunan bukan hanya upaya untuk membangun hal-hal yang bersifat modern saja. Pembangunan harus kembali pada tujuan semula bahwa untuk memberi kualitas hidup yang lebih baik bagi masyarakat. Upaya ini dapat dimulai dengan membangun pribadi kita sendiri untuk lebih berpikiran terbuka dan peduli terhadap keberlangsungan hidup bangsa.