Manfaat Keberagaman Budaya

Indonesia merupakan negara yang berbentuk kepulauan. Terdapat sekitar 13.000 pulau yang tersebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini mendasari terbentuknya beragam budaya yang berkembang di negara kita. Adanya keberagaman budaya ini disebabkan karena beberapa faktor, seperti suku bangsa beserta adat istiadat yang menjadi identitasnya, agama, bahasa, dan adanya si kaya dan si miskin.

Dari Sabang sampai Merauke terdapat beberapa suku yang mendiami suatu wilayah tertentu. Setiap suku di Indonesia, memiliki ciri khas masing-masing mulai dari warna kulit, rumah adat, cara berpakaian, upacara adat, serta beragam seni yang dimiliki tiap suku. Selain itu, keberagaman suku juga menyebabkan banyaknya jenis-jenis bahasa daerah yang digunakan masyarakat di Indonesia. Indonesia juga mengakui adanya perbedaan agama di Indonesia, untuk itu diperlukan adanya sikap saling menghargai antar umat beragama. Adanya orang kaya dan orang miskin juga menjadi faktor munculnya keberagaman budaya di Indonesia karena mempengaruhi gaya hidup masyarakat.

Manfaat Keberagaman Budaya

Keberagaman budaya di negara kita memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia sebagai identitas bangsa. Hal ini menyebabkan Indonesia dikenal sebagai negara yang unik. Tak hanya itu, sesuai dengan semboyan Indonesia, budaya yang beragam juga dapat menjadi pemersatu masyarakat. Adanya keberagaman ini dapat menciptakan rasa cinta terhadap tanah air karena masyarakat yang saling menghargai adanya perbedaan yang tercipta dalam lingkungan bermasyarakat. Perbedaan bahasa daerah juga memberikan manfaat karena dapat memperkaya istilah dan perbendaharaan bahasa Indonesia.

Dengan adanya SDM yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia, Ide-ide dan inovasi dengan semangat membangun bangsa juga semakin meningkat. Hal ini disebabkan para SDM ini memiliki pemikiran-pemikiran yang berbeda karena memiliki perspektif dan pengalaman hidup yang berbeda pula. Sehingga program pembangunan nasional juga dapat terlaksana dengan baik. Indonesia dikenal oleh negara-negara lain sebagai negara yang kaya akan seni dan budayanya. Banyak turis baik domestik maupun mancanegara yang berdatangan ke seluruh wilayah Indonesia karena ingin lebih mengenal keberagaman yang menjadi ciri khas bangsa. Dengan meningkatnya sektor pariwisata ini, keberagaman budaya bermanfaat karena dapat meningkatkan devisa bagi negara.