Pengertian Alquran Menurut Bahasa dan Istilah

Sebagai seorang muslim, tentu kita mengenal apa itu Alquran karena sejak kecil orang tua kita sudah memperkenalkan huruf – huruf hijaiyah yang terdapat dalam Alquran. Bagi umat islam, Alquran merupakan pedoman serta panduan agar hidup kita menjadi lebih terarah sebab kandungan dari Alquran ini mampu memberikan jawaban dari apa yang menjadi pertanyaan kita mengenai kehidupan. Alquran merupakan kitab suci umat islam yang diturunkan melalui perantara nabi Muhammad SAW. Alquran ini diturunkan ada yang secara langsung maupun secara terang – terangan. Yang paling istimewa dari kitab suci ini ialah mampu memberikan ketenangan batin baik bagi yang membaca maupun yang mendengarkannnya walaupun kita belum mengerti artinya.

Dari segi bahasa, Alquran mempunyai arti sebagai bacaan atau sesuatu yang dibaca secara berulang – ulang. Sedangkan menurut istilah, Alquran merupakan kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat  nabi Muhammad SAW. Menurut salah seorang ahli yakni Ali Ash – Shabuni mempunyai pendapat yang berbeda mengenai Alquran yakni Alquran merupakan firman Allah yang tidak ada tandingannya dan diturunkan kepada Nabi Muhammmad SAW yang merupakan penutup dari para nabi melalui perantara malaikat Jibril a.s.

Pengertian Alquran Menurut Bahasa dan Istilah

Alquran merupakan pedoman bagi umat islam sebab segala tatanan kehidupan tertuang lengkap dalam kitab suci ini. Akan tetapi, saat ini sedikit sekali orang yang mentadaburi Alquran mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga mampu menyingkirkan Alquran di hati umat islam khususnya. Padahal jika dipelajari dengan benar, Alquran mampu memberikan kedamaian serta ketenanga bagi yang membaca maupun mendengarnya.

Alquran merupakan sumber dari segala sumber ilmu pengetahuan mulai dari ilmu astronomi, biologi, dan yang lainnya. Alquran ini memiliki 114 surat serta 6666 ayat. Nah, masing – masing surat tersebut mempunyai makna serta kandungan serta ari yang berbeda – beda. Dari Alquran inilah kita bisa mencontoh apa yang sebaiknya dilakukan misalnya mengenai berbakti kepada orang tua, berpuasa, ibadah, dan yang lainnya. yang lebih utama dari kitab suci umat islam ini ialah mampu memberikan pertolongan di hari pembalasan kelak.