Pengertian Limbah Domestik Menurut Para Ahli

Limbah domestik lebih kita kenal dengan istilah limbah rumah tangga. Limbah domestik ini berasal dari pembuangan dalam rumah tangga, seperti sampah dan sejenisnya. Limbah ini dihasilkan dari sisa pembuangan makanan, sisa barang-barang yang sudah tidak terpakai dan ingin segera dibuang, air bekas mencuci atau mandi dan kotoran yang berasal dari tubuh manusia (feses dan urin). Sejatinya limbah domestik tidak berbahaya seperti limbah industri. Akan tetapi jika pembuangannya tidak tepat bisa menjadi sumber penyakit bagi masyarakat.

Pengertian limbah domestik secara pandangan umum sudah kita ketahui. Beberapa para ahli berusaha menambahkan tentang pengertian limbah domestik sebagai berikut:

  • Sugiharto (1987)

Limbah domestik dapat berupa cairan. Limbah cair yang dihasilkan dari rumah tangga ini cenderung merupakan kotoran umum.

Pengertian Limbah Domestik Menurut Para Ahli

  • Stokes (1991)

Bila pembuangan limbah domestik tidak tepat, limbah itu dapat dikategorikan menjadi limbah infeksius yang berarti limbah yang dapat menjadi penyebab munculnya penyakit.

  • Tchobanoglous dan Elliassen (1979)

Limbah domestik merupakan sampah yang terbawa air dan berasal dari rumah tangga.

  • Ir. Hieronymus Budi Santoso

Limbah domestik adalah bahan yang terbuang atau sengaja dibuang dari satu sumber yang berasal dari aktivitas manusia dalam rumah. Limbah ini belum memiliki nilai ekonomi yang bermanfaat dan bisa jadi malah berdampak negatif.

  • Cahyono Budi Utomo

Limbah domestik bisa berasal dari benda atau zat dari aktivitas manusia yang sudah tidak digunakan lagi dan sengaja dibuang.

  • Darmadi

Produk akhir yang berasal dari proses pencucian atau metabolisme tubuh dapat dinamakan sebagai limbah domestik. Bentunya bisa cair, padat atau setengah padat.

Berbagai pengertian limbah domestik telah dijabarkan oleh para ahli. Jika diperhatikan dengan seksama, para ahli mengatakan bahwa limbah domestik tidak memberi keuntungan apapun dan cenderung merugikan. Tahukah Anda, bila limbah domestik dikelola dengan benar akan menjadi bermanfaat seperti pupuk kompos. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib melestarikan lingkungan dengan membuang limbah domestik sesuai pada tempat yang sudah ditentukan.