Pengertian Martabat Manusia Menurut Para Ahli

Definisi dari martabat ialah harga diri dan hakikat manusia yang masih meliputi HAM (Hak Asasi Manusia). Manusia dapat mempertahankan martabatnya sesuai dengan aturan HAM. Selain itu, kebutuhan dasar dari manusia adalah dihargai oleh sesama. Dengan dihargai, manusia merasa memiliki harga diri. Manusia memiliki harkat dan martabat yang berarti membedakannya dengan mahluk hidup yang lain. Ini adalah bukti bahwa manusia memang mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna.

Membahas tentang martabat manusia tentu erat kaitannya dengan Hak Asasi Manusia itu sendiri. Berikut pendapat para ahli mengenai martabat manusia yang meliputi HAM:

  • Muladi

Dalam mempertahankan martabatnya, manusia dapat menggunakan hak asasinya yang merupakan hak dasar yang sudah melekat pada kehidupannya.

Pengertian Martabat Manusia Menurut Para Ahli

  • Jan Materson

Manusia harus menggunakan hak asasinya untuk menjaga martabatnya. Tanpa hak asasi manusia tidak dapat hidup sebagai manusia.

  • Miriam Budiarjo

Setiap manusia berhak menjaga harga dirinya karena setiap manusia sudah memiliki hak yang melekat sejak lahir dan terbawa dalam kehidupan bermasyarakatnya.

  • Prayitno

Manusia merupakan ciptaan Tuhan yang paling indah dan dibekali HAM semenjak ia keluar dari kandungan. Maka setiap manusia punya hak untuk menjaga martabat dirinya.

  • Alquran surat At Tiin : 4

Manusia adalah mahluk yang sebaik-baiknya. Dalam surat At Tiin, Alquran menjelaskan bahwa manusia adalah mahluk ciptaan Allah yang paling baik. Jadi sebagai manusia memang sudah selayaknya kita menjaga martabat diri masing-masing.

Dari pengertian martabat diatas, kita mengetahui bahwa setiap orang wajib dan berhak menjaga martabatnya. Namun, seringkali martabat manusia direndahkan oleh sesamanya sendiri dengan cara bullying, pencemaran nama baik, diskriminasi sosial dan tindakan pelanggaran HAM lainnya. Padahal setiap manusia pasti tidak ingin harga dirinya dijatuhkan. Oleh karena itu, semua bentuk pelanggaran HAM yang menjatuhkan martabat manusia harus ditindak tegas dan dibawa pada jalur hukum. Mengingat banyak korban yang merasa martabatnya dijatuhkan akan menjadi depresi, minder atau bahkan ada yang mengambil langkah untuk mengakhiri hidupnya sendiri.