Pengertian Rumah Singgah Menurut Para Ahli

Banyak sekali anak jalanan yang akan di jumpai, apalagi di kota besar mungkin sudah tidak terhitung jumlahnya maka untuk itulah saat ini telah ada salah satu tempat yang paling pas untuk di berikan kepada mereka. Adalah  peranan dalam memberdayakan mereka agar lebih baik lagi. Dan tempat yang di maksud adalah umah singgah adalah tempat  yang di pakai secara sementara daldam kaitannya pemusatan para anak jalanan yang sifatnya tidak resmi. dimana di temapt ini maka anak anak jalanan dapat bertemu untuk mendapatkan informasi serta  pembinaan awal  sebelum mendapat pembinaan yang lebih lanjut lagi.

Pengertian rumah singgah menurut para ahli adalah adalah  tempat perantara yang sifatnya sementara, bagi para para anak jalanan yang erat hubungannya dengan pihak pihak yang mau menolong mereka. Rumah singgah merupakan proses pembinaan yang sifatnya tidak resmi yang mana ini diberikan dengan  suasana yang baik untuk di kaitkan dengan proses resolisasi anak jalanan,  dengan tujuan untuk membentuk kembali sikap dan prilaku anak jalanan yang di sesuaikan dengan nilai nilai serta norma yang berlaku di masyarakat yang di berikan dalam bentuk pendidikan untuk pemenuhan kebutuhan dari anak agar menyiapkan masa depannnya sehingga menjadi masyarakat untuk lebih produktif lagi.

Pengertian Rumah Singgah Menurut Para Ahli

Untuk itulah penting sekali mengetahui mengenai peran dan fungsi dari rumah singgah adalah program untuk pemberdayaan anak jalanan yang sangat penting.  Diantaranya adalah adalah  berikut:

  • Peran rumah singgah adalah  tempat perlindungan bagi anak jalanan dari berbagai bentuk kekerasan  yang mungkin saja akan menimpa anak jalanan  dari  berbagai kekerasan prilaku yang berupa penyimpangan seksual atau berupa kekerasan fisik lainnya.
  • Peran rumah singgah adalah  tempatrehabilitasi yang bertujuan mengembalikan dan menanamkan fungsi dari otak anak. Jadinya anak akan lebih baik pada pola pikir dan juga dalam bertingkah laku di sosial masyarakat.

Itulah mengenai arti rumah singgah serta peranan dan fungsinya terhadap anak jalanan yang mana ini fokusnya untuk memberikan pembekalan  yang baik untuk mereka.