Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli

Membahas mengenai stuktur sosial pastinya sangat menarik sekali,  karena pada keyataanya stuktur sosial memang terus ada pada sebuah tatanan masyarakat dari dulu hingga saat ini.   namun dari banyak kalangan masyarakat yang menyebutkan bahwa stuktur sosial adalah sebuah kelas sosial yang mana ini bertalian dengan derajat yang  ada di masyarakat dimana ini ada yang mengatakan bahwa ini di dasarkan pada kekayaan, ekonomi dan masih banyak yang lainnya. Namun, agar lebih memahami makna yang terkandung dalam stuktur sosial maka dalam kesemapatan ini akan di bahas mengenai pengetian stuktur sosial  dari para ahli.

Untuk umumnya pengertian mengenai stuktur sosial adalah sama dengan sebuah orgnai sosial yang mana ini berhubungan erat dengan kekerabatan maupun adanya sebuah kelembagaan hukum .  namun di lin pihak bayak para ahli yang berasal dari  kajian sosiologi  menjelaskan stuktur sosial adalah mengenai sebuah keteratuan sosial yang mengacu pada sebuah prinsip yang sama dan berulang, dengan bentuk sekaligus cara yang juga sama. Berlanjut mengenai pengertian stuktur sosial dari para hali lainnya yakn dari Soerjono Soekanto, yang dapat di jabarkan bahwa stuktur sosial adalah hubungan yang bersigat timal balik antara peran sosial.

Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli

Hal ini mengacu pada sebuah tatanan sosial yang dianggap sama halnya  dengan sebuah organisasi sosial.  Pengertian yang lainnya di ungkapkan juga oleh Hendropuspito yang memandang stuktur sosial adalah sebuah skema dalam penempatan nilai sosial bidaya dan juga organ organ pada masyarakat dalam bentuk keseluruhan. Dan   ini di pakai untuk  kepentingan masing-masing pada setiap nilai sosial yakni meliputi ajaran agama, sopan santun dalam sebuah kolompok sosial yang mana ini berkaitan dengan sebuah institusi  yang berusaha mewujudkan nilai tertentu untuk di pakai dalam pemebuan kebutuhan yang bersifat nyata.

Maka dapat di simpulkan bahwa struktur sosial itu penting sekali dalam keberadaanya di masyarakat yang mana ini akan memberikan sebuah tatanana sosial yang lebih baik dan juga dapat memberikan sebuah kepastian akan sebuah hubungan yang ada pada sosial masyarakat.