Tekanan Darah Menurut WHO

Menurut penelitian yang dilakukan Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2013 prevalensi penderita hipertensi di Indonesia sebanyak 25,8 %. Dengan presentasi seperti itu, kita sepatutnya waspada dengan kesehatan diri mulai dari sekarang. Bagaimana caranya? Terlebih dahulu kita harus mengenali bagaimana tekanan darah normal.

Tekanan darah normal menurut WHO untuk dewasa adalah 120/80 mmhg. Namun bila tekanan sistolik antara (120 – 139) dan diastolik antara (80 – 89) maka itu juga masih bisa dikatakan tekanan darah normal.

Sebenarnya Klasifikasi penderita Hipertensi menurut WHO sendiri adalah :

Tekanan darah Tingkat 1 Tingkat 2 Tingkat 3
Sistolik 140 – 159 160 – 179 ? 180
diastolik 90 – 99 100 – 109 ? 110

Keterangan : bila tekanan darah anda pada tingkat 3, harus segera diwaspadai karena bisa menyebabkan serangan jantung mendadak hingga kematian.

Tekanan Darah Menurut WHO

WHO telah merekomendasikan kepada semua pasien yang terdapat di Australia, untuk merubah gaya hidupnya seperti :

  • Menurunkan berat badan
  • Peningkatan aktifitas fisik
  • Berhenti dalam mengkonsumsi Alkohol
  • Merubah pola makan ( lebih banyak buah, sayuran dan rendah lemak jenuh )
  • Pengurangan asupan sodium  dan peningkatan asupan kalium

Apa anda seorang penderita hipertensi? Menurut pengalaman saya, penderita hipertensi memang bisa disembuhkan namun hanya sebentar jika menggunakan obat – obat  dari dokter. Obat – obat itu hanya membantu menurunkan tekanan darah saja dan tidak terjadi secara permanen. Anggota keluarga saya ada yang menderita hipertensi dan sudah berkali – kali menjalani pengobatan di dokter tapi hingga sekarang belum ada perubahan. Suatu hari seseorang teman yang menyarankan untuk mengkonsumsi rebusan dari daun sukun dan menyuruh untuk mengkonsumsinya secara rutin di pagi dan sore hari, membuat tekanan darahnya stabil hingga sekarang ini. Dengan catatan, anda juga harus melakukan diet makanan, jika anda ingin menirunya.

Hipertensi sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor : bisa ditimbulkan dari pengaruh penyakit lainnya dan kebiasaan hidup yang kurang baik ( Merokok, konsumsi alkohol, kelebihan berat badan, dll )