Tips Memilih ERP

ERP atau Entreprise Rsources Planning adalah suatu hal pokok yang menunjang kegiatan bisnis. Pebisnis tentu menginginkan bisnis berjalan sesuai standar dan prosedur yang telah ditetapkan dan direncanakan. Oleh karena itu, perlu dibuat ERP sebagai suatu sistem untuk mengatur, memantau, dan memantau bisnis. Apabila terdapat suatu kesalahan atau kinerja bisnis tidak sesuai dengan rencana, maka hal tersbeut dapat dipantau melalui ERP.

Bagi Anda yang ingin membuat ERP, tentu diperlukan perencanaan yang matang baik dari segi bisnis itu sendiri sampai pada sistem apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih dua cara memilih ERP. Pertama, Anda dapat memilih orang-orang ahli yang dapat membat ERP. Kedua, Anda dapat membeli ERP yang sudah jadi. Setiap pilihan tersebut tentu akan memiliki sisi positif dan negatif. Apabila Anda membeli ERP, mungkin harganya akan mahal. Namun, apabila Anda ingin membuatnya dengan melibatkan para ahli, Anda memerlukan lebih banyak waktu. Sebaiknya, Anda memepertimbangakn konsekuensinya.

Tips Memilih ERP

Sementara itu, terdapat beberapa tips memilih ERP selain dua opsi diatas. Pertama, tentukan bisnis Anda. Anda perlu menetapkan business core perusahaan, hambatan, tantangan, pesaing, dan pasar bisnis Anda. Kemudian, tentukan sumber daya perusahaan. seumber daya tersebut berupa sumber daya manusia, mesin atau teknologi, dan modal. Semua sumber daya tersebut merupakan hal inti yang berkaitan dengan bisnis Anda. Sehingga, kegiatan operasional yang melibatkan hal tersebut tentu akan berimbas pada bisnis itu sendiri.

Di sisi lain, Anda juga perlu memproyeksikan prospek bisnis Anda di masa depan. Hal ini karena prospek bisnis juga merupakan faktor penting dalam ERP. Bisnis yang diproyeksikan akan berkembang sampai dua kali lipat di masa depan tentu memerlukan sistem yang lebih rumit. Oleh karena itu, pertimbangkan hal ini dalam sistem ERP untuk bisnis Anda. Selanjutnya, setelah Anda telah memiliki ERP, yang terpenting adalah mengawasi atau mengontrol ERP. Hal ini sangat penting dilakukan karena sistem yang baik dan terjaga akan memangkas biaya perbaikan. Biaya yang dibutuhkan biasanya lebih mahal diabndingkan biaya yang dikeluarkan untuk perawatan. Oleh karena itu, rencanakan secara matang ERP yang Anda butuhkan serta lakukan pengawasan dan perawatan terhadap ERP tersebut.