Tips Memilih Fakultas

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi seseorang. Hal ini karena pendidikan dapat mengembangkan pengetahuan, wawasan, pola pikir, dan pandangan seseorang terhadap kehidupan dan dunia. Selain itu, pendidikan juga penting untuk mencari pekerjaan. Hampir semua perusahaan mensyaratkan pendidikan minimal SMA atau sederajat untuk jenis pekerjaan tertentu. Sehingga, tidak heran bila sekarang ini banyak orang yang ingin menuntut ilmu setinggi-tinggi selain untuk memperoleh wawasan tetapi juga memperoleh gelar yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.

Terdapat ratusan bahkan ribuan universitas di Indonesia dan juga di dunia. Anda dapat dengan bebas memilih universitas yang sesuai dengan minat Anda. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan fakultas dan jurusan yang akan Anda ambil selama kuliah. Seperti halnya jumlah universitas, fakultas dan jurusan pun sangat banyak dan beragam. Fakultas yang ada mulai dari sosial, kesehatan, hukum, sastra, teknik, psikologi, ekonomi, dan lain-lain. Jurusan biasanya bernaung di bawah fakultas yang sesuai dengan rumpun ilmunya. Misalnya saja, jurusan ilmu politik yang berada di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, jurusan sastra inggris yang berada di fakultas ilmu budaya, dan jurusan akuntansi yang berada di fakultas ekonomi.

Tips Memilih Fakultas

Apabila Anda belum menentukan fakultas yang akan Anda ambil saat kuliah, Anda dapat mempertimbangkan beberapa tips berikut ini. Pertama, ikutlah tes peminatan. Hasil dari tes ini biasanya akan menunjukkan minat Anda, apakah pada eksak, sosial, sastra, teknik, ekonomi, kesehatan, dan lain sebagainya. Sehingga, Anda dapat mengacu pada hasil tes tersebut. Kedua, Anda dapat berkonsultasi dengan lembaga atau konsultan pendidikan. Biasanya, mereka akan memberikan masukan mengenai fakultas yang sesuai dengan nilai akademis kita selama sekolah.

Sementara itu, memilih fakultas juga dapat disesuikan dengan minat dan cita-cita Anda. Bagi Anda yang ingin mendalami dunia sastra dan ingin menjadi penulis, Anda sebaiknya memilih fakultas ilmu budaya dengan jurusan Sastra Indonesia. Namun, apabila Anda bercita-cita untuk menjadi auditor, sebaiknya Anda memilih fakultas ekonomi dengan konsentrasi akuntansi. Sehingga, akan ada kesesuaian antara minat, potensi, dan cita-cita Anda dengan fakultas yang Anda pilih.