Manfaat Daun Temulawak

Sebelum lebih jauh membahas ada baiknya untuk menjelaskan sedikit mengenai judul yang sepertinya akan sedikit berbeda dengan isi dari artikel ini, karena temulawak yang paling bermanfaat adalah buahnya, umbi atau rimpang nya, bukan pada daunnya. Hingga saat ini daun temulawak belum ada yang menguji secara klinis akan manfaatnya terhadap kesehatan.

Manfaat temulawak sudah dikenal tidak hanya di negara Indonesia saja, bahkan diluar negeri temulawak juga dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Di masyarakat kita, tanaman herbal yang banyak mengandung curcumin ini sering sekali digunakan bahan dasar jamu tradisional yang berkhasiat.

Khasiat Temulawak untuk Kesehatan

Dikarenakan temulawak mengandung katagoga sehingga temulawak banyak dikenal dapat berkhasiat untuk menjaga fungsi hati (lever). Bahkan dilansir dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa temulawak banyak memberikan enzim yang dapat menurunkan kadar SGOT dan SGPT.

Manfaat Daun Temulawak

  • Kandungan curcumin yang terdapat dalam temulawak dapat membantu meredakan radang sendi. Bahkan di India temulawak juga digunakan sebagai obat alami pereda radang sendi.
  • Tidak hanya baik untuk lever, temulawak juga dapat membantu mencegah terjadinya kanker.
  • Temulawak juga baik untuk kesehatan karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Selain itu temulawak juga berkhasiat untuk membantu mengatasi masalah dalam sistem pencernaan.
  • Untuk ibu hamil. Mengkonsumsi temulawak juga baik untuk melancarkan ASI.

Dalam penyajian temulawak memiliki beragam penyajian, baik itu dengan direbus terlebih dahulu atau tanpa direbus. Jika disajikan tanpa direbus biasanya umbi temulawak akan diparut terlebih dahulu yang nantinya akan diperas bersama tambahan sedikit air putih, namun jika penyajian dengan direbus, temulawak hanya dihancurkan atau di geprek tidak sampai halus kemudian direbus.

Karena banyaknya orang yang menyediakan jamu temulawak, maka untuk penyajian ini jarang sekali dilakukan karena lebih memilih jamu temulawak yang sudah jadi tanpa perlu repot-repot mencari tanaman herbal ini atau dengan mengolahnya terlebih dahulu. Selain itu biasanya penjual jamu tradisional tidak hanya menggunakan bahan temulawak saja melainkan dipadukan dengan bahan herbal bermanfaat lainnya seperti dengan campuran kunyit.