Permainan Edukasi dan Pelajaran Anak TK

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai Permainan Edukasi dan Pelajaran anak TK ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang Pengertian Alat Permainan Edukatif atau yang biasa dikenal dengan singkatan APE

Pengertian APE (Alat Permainan Edukatif)

  • APE Menurut Mayke Sugianto. T adalah merupakan alat permainan-permainan yang sengaja dirancang secara khusus bertujuan untuk kepentingan pendidikan.
  • APE Menurut Badru Zaman adalah alat permainan yang dirancang khusus bertujuan untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak TK.
  • APE Menurut Adams adalah merupakan semua bentuk permainan yang dirancang guna memberikan pengalaman pendidikan ataupun pengalaman belajar kepada para pemainnya, hal ini juga termasuk permainan tradisional dan modren yang diberi muatan pendidikan dan pengajaran.
  • Alat Permainan Edukatif (APE) menurut Mayke Sugianto yaitu alat permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan.
  • Sedangkan Depdiknas mendefinisikan alat permainan edukatif adalah sebagai segala bentuk sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan bermain yang di dalamnya terdapat nilai edukatif dan bisa mengembangkan seluruh kemampuan anak.

Lalu Apa Saja Manfaat Bermain Bagi Anak?

Untuk menstimulasi fungsi panca indera anak

misalnya dengan permainan:

  • Sebuah permainan dengan suara
  • Permainan dengan warna
  • Permainan dengan bermacam tekstur (tekstur halus atau kasar)

Dapat meningkatkan ketangkasan

Misalnya dengan permainan:

  • Melatih anak untuk merangkak, berjalan atau melompat dengan satu kaki
    Bermain bola

Untuk meningkatkan kecerdasan berbahasa

Semisal bermain dengan:

  • Permaian Puzzle, Balok yang disusun, atau permainan petak umpet
  • Main tebakan-tebakan dan membaca buku

Untuk meningkatkan interaksi

Interaksi antara anak dengan orang lain, orang tua atau temannya.

Baca Juga: 10 Tips Mendapatkan Anak Laki-Laki

Persyaratan Alat Permainan Edukasi

Beberapa syarat yang perlu diperhatikan dalam memilih permainan edukatif antara lain adalah:

  • Memiliki Desain yang Mudah dan Sederhana

Untuk permainan Edukatif ada baiknya memiliki desain yang sederhana. Dan yang menjadi prioritas utama adalah tepat dan tercapainya sasaran edukasi (mendidik), sehingga anak tidak merasa terbebani dengan kerumitan permainannya.

  • Multiguna

Permainan edukasi harusnya sesuai untuk anak laki-laki ataupun perempuan, sehingga permainan tersebut dapat juga dibentuk sesuai kreatifitas dan keinginan si anak.

  • Memiliki bentuk yang Menarik

Permainan edukatif adalah yang mampu memotivasi anak dan kita tidak perlu melakukan pengawasan yang intensif. Sehingga anak akan bebas mengekspresikan eksplorasinya.

  • Dengan ukuran besar

Permainan edukatif harusnya memiliki ukuran yang besar, hal ini akan memudahkan anak untuk memegangnya dan menghindari kemungkinan yang membahayakan si kecil, semisal dimasukkan ke mulut.

  • Tidak mudah Rusak dan juga sesuai kebutuhan

Hendaknya permainan edukasi adalah benda yang tahan lama dan harus sesuai dengan tujuan pendidikan yang diinginkan, dalam hal ini sesuai kebutuhan dan juga tidak menghabiskan ruangan.

  • Dapat mendorong Anak untuk bermain bersama

Sebaiknya menentukan permainan yang dapat memberikan kesempatan pada si kecil untuk bersosialisasi dengan teman lainnya.

  • Dapat menunjang Daya Fantasi

Permainan edukasi seharusnya akan mampu mengembangkan daya fantasi dan imajinasi anak.
Lalu Jenis Permainan apa saja yang Dapat Diberikan Pada Anak?

  • Permainan Edukasi Anak Tepuk Tangan

Tergolong permainan edukasi yang sederhana dan sering digunakan oleh para guru. Permainan tepuk tangan untuk anak-anak sebenarnya bertujuan untuk menumbuh kembangkan keseimbangan kedua tangannya. Pada Permainan Tepuk tangan anda bisa mengkombinasikan dengan lagu anak cicak-cicak di dinding. Ketika lagu sudah sampai pada lirik “ada se-ekor nyamuk…. HAP!!!” Nah ketika semua berkata ”HAP..!!” maka anak anak diperintahkan untuk melakukan tepukan. Tepukan ini dapat dimulai dari 1 kali tepukan kemudian diulang kembali lagu tadi dan tepukan selanjutnya ditambah dari yang 1 kali menjadi 2 kali, diulang seperti itu seterusnya sampai 3 kali hingga dirasa cukup.

  • Permainan Edukasi Anak Mencari Teman

Permainan edukatif anak Mencari Teman bertujuan untuk memupuk refleks anak khususnya kepada temannya sendiri. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu memerintahkan agar anak-anak melingkar (kondisi ini mungkin membutuhkan ruang yang lebih besar). Guru sebagai pemandu permainan berada ditengah-tengah. Kemudian pemandu permainan menyebutkan salah satu nama anak dan tugas dari anak-anak yang ikut dalam lingkaran itu menunjuk anak yang namanya telah disebutkan.

  • Permainan Edukasi Anak Pesan Bersambung

Permainan ini adalah bertujuan untuk mengembangkan daya ingat. Anak-anak harus dibuat berkelompok yang dalam 1 kelompok terdiri dari 5 orang anak. Urutan orang yang pertama akan diberikan sebuah kata atau kalimat oleh pemandu permainan/guru, dan kata-kata itu haruslah sama ketika sudah sampai pada anak yang berada di urutan paling ujung. Jangan lupa berilah jarak/batas pada anak satu dan teman lainnya.

  • Permainan Edukasi Anak Membangun Menara

Gedung yang dimaksudkan disini adalah sebuah balok kayu yang berukuran kecil. Jadi permainan edukasi anak akan melatih anak dalam hal kesabaran dan ketelitian. Berilah masih-masing anak 5-10 balok, dan tugas dari setiap anak adalah harus membuat balok kecil tersebut menumpuk dan tersusun rapi.Game Edukasi Anak Tom And Jerry

Permainan edukasi ini akan sangat mengasyikkan dan tentu saja ramai. Dan perlu diperhatikan bahwa permainan ini baiknya dilakukan di luar ruangan/out door. Permainannya cukup mudah yaitu ada yang menjadi Tom dan ada pula yang berperan menjadi Jerry. Tom harus menangkap anak yang berperan menjadi Jerry yang akan dihalangi oleh pagar yang terbuat dari gandengan tangan anak-anak lainnya. Jika si Jerry berhasil di pegang maka anak yang sebelumnya berperan sebagai Jerry akan menjadi beralih peran menjadi Tom dan teman lainnya yang menjadi Jerry.

  • Game Edukasi Anak Menyusun Puzzle

Permainan edukatif anak ini dapat dibuat per-individu maupun per-kelompok. Permainan menyusun puzzen ini dimaksudkan untuk memacu daya saing dan kecepatan dari masing mereka.