Cara Alami Atasi Keputihan Wanita

Keputihan merupakan salah satu masalah umum yang terjadi pada organ intim wanita. Sebenarnya keputihan merupakan sesuatu yang normal. Namun, jika berlangsung secara terus menerus hal ini memang cukup mengganggu karena membuat wanita menjadi tidak nyaman saat beraktivitas dan membuat organ kewanitaan menjadi lembab. Keputihan bisa disebabkan oleh dua hal yaitu faktor fisiologis dan faktor pathologis. Keputihan fisiologis termasuk keputihan yang aman karena disebabkan oleh perubahan kondisi tubuh. Sementara itu keputihan yang disebabkan karena faktor pathologis harus diwaspadai karena disebabkan oleh penyakit atau jamur.

Keputihan yang normal berwarna bening dan tidak berbau. Sementara itu jika keputihan menimbulkan rasa gatal, berwarna kuning kehijauan, dan berbau, sebaiknya hal ini segera diperiksa ke dokter untuk mengetahui apakah ada masalah pada organ kewanitaan atau tidak. Bagi Anda yang mengalami keputihan, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi keputihan secara alami.

Daun Sirih
Sirih dikenal sebagai antiseptik alami yang berkhasiat untuk menghilangkan keputihan. Selain mampu mengatasi keputihan, daun sirih juga dapat membuat organ kewanitaan menjadi lebih kesat dan tidak berbau. Untuk mengatasi keputihan dengan daun sirih, caranya rebus beberapa lembar daun sirih dalam 5 gelas air. Rebus sampai mendidih. Setelah dingin, basuh organ kewanitaan dengan air rebusan sirih tersebut. Lakukan ini secara teratur, pasti keputihan akan berangsur-angsur sembuh. Selain digunakan untuk membasuh kewanitaan, Anda juga boleh meminum air rebusan daun sirih tersebut. Minum setengah gelas air rebusan sirih seminggu sekali untuk menghilangkan keputihan.

Daun Sambiloto
Sambiloto merupakan salah satu tanaman obat yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit Sambiloto dikenal dengan rasanya yang pahit. Selain dapat menyembuhkan penyakit, tanaman ini ternyata juga sangat efektif untuk mengatasi keputihan secara alami. Sambiloto mengandung zat aktif yang bersifat mensterilkan sehingga dapat membantu menghilangkan keputihan. Caranya, rebus daun sambiloto dengan 3 gelas air. Rebus sampai air yang tersisa tinggal setengahnya. Minum setengah gelas air rebusan sambiloto tersebut secara teratur. Jika Anda tidak tahan terhadap rasanya yang pahit, Anda bisa menambahkan madu secukupnya. baca juga cara alami buat rambut cepat panjang