Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Bagi sebagian orang yang belum paham pasti menganggap administrasi merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan masalah aturan pembayaran atau keuangan. Memang, hal tersebut bisa disalahkan sebab faktanya yang terjadi dan yang sering kita temui di lapangan adalah seperti itu. Sebenarnya, administrasi merupakan seluruh serangkaian kegiatan yang berisi aturan hingga urusan sekelompok orang yang mempunyai perbedaan pekerjaan untuk mencapai suatu kesepakatan amaupun tujuan bersama. Akan tetapi, sebagian besar literatur memakai istilah administrasi perkantoran serta manajemen perkantoran untuk menyebut administrasi.

Menurut Soewarno Handayaningrat, administrasi dalam pengertian yang sempit berasal dari kata administratie (Belanda) yakni meiputi kegiatan pembukuan atau catat mencata, surat – menyurat, dan yang lainnnya yang bersifat teknis khususnya ketatausahaan (1988:2). Dari definisi yang di ungkapkan, administrasi merupakan sebuah kegiatan ketatausahaan yang meliputi kegiatan – kegiatan seprti pembukuan baik pencatatan, penghitungan dan yang lainnya. Yang dimaksudkan untuk menyediakan suatu informasi agar bisa memperoleh informasi dengan mudah apabila dibutuhkan.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Sedangkan dalam arti luas, menurut The Liang Gie menyebutkan bahwa administrasi dalam arti luas merupakan suatu rangkaian kiegiatan yang dilakukan oleh suatu kelompok orang mengenai suatu hubungan kerjasama yakni degan mencapai tujuan tertentu (1980:9). Dapat disimpulkan bahwa administrasi secara luas merupakan suatu hubungan kegiatan tertentu. Menurut Sondang P. Siagian mengemukakan bahwa administrasi merupakan keseluruhan rangkaian proses kerjasama antara beberapa orang yang berlandaskan pada asasrasionalitas agar tercapainya suatu tujuan tertentu yang sebelumnya telah ditentukan (1994:3).

Berikut adalah beberapa pengertian dari administrasi yang di ungkapkan oleh beberapa para ahli:

  1. Wh Evans, mengungkapkan bahwa administrasi merupakan fungsi yang berkaiatan dengan manajemen serta pengarahan semua tahap operasi pada suatu perusahaan berupa pengolahan bahan keterangan, ingatan organisasi, serta komunikasi.
  2. Arthur Grager, administrasi merupakan tata penyelenggaraan komunikasi serta pelayanan suatu organisasi.
  3. George Terry, administrasi merupakan perencanaan, pengendalian serta pengorganisasian dalam dunia perkantoran.
  4. Ulbert, administrasi merupakan penyusunan serta pencatatan data serta informasi dengana cara yang sistematis. Baik internal maupun secara ekternal yang dimaksudkan untuk menyediakan keterangan ataupun untuk memudahkan memperoleh kembali baik sedikit maupun secara keseluruhan.