Pengertian Amdal Menurut Para Ahli

Tahukah anda apa itu Amdal? Amdal merupakan kependekan dari Analisi Dampak Lingkungan yang merupakan suatu proses mengenai studi formal yang mampu dipergunakan untuk memperkirakan adanya dampak terhadap lingkungan yang disebabkan karena adanya suatu rencana kegiatan proyek yang mempunyai tujuan untuk mendapatkan kepastian menganai adanya masalah mengenai dampak lingkungan. Amdal ini merupakan suatu kegiatan analisis yang harus dilakukan ketika kita akan melakukan perencanaan serta perancangan proyek untuk bahan pertimbangan untuk membuat keputusan.

Menurut PP No. 27 Tahun 1999, Amdal merupakan kajian yang atas dampak besar serta penting untuk mengambil sebuah keputusan dalam kegitan usaha maupun kegiatan menyelenggarakan usaha. Amdal atau analisis mengenai dampak lingkungan merupakan sebuah analisis yang  terdiri dari beberapa faktor seperti faktor fisik, biologi, kimia, sosial, sekonomi serta sosial budaya dengan cara yang menyeluruh.

Pengertian Amdal Menurut Para Ahli

Adapun beberapa fungsi mengenai Amdal yakni sebagai berikut:

  • Amdal mempunyai fungsi sebagai masukan berupa pertimbangan yang luas untuk melakukan perencanaan serta dalam pengambilan sebuah keputusan pada saat akan melakuakn pembangunan sebuah kegiatan maupun usaha
  • Amdal memmiliki sebagai pedoman serta arahan pada saat berencana membangun sebuah kegiatan pembangunan. Misalnya saja mengenai masalah pengolahan lingkungan serta rencana pemantauan terhadap lingkungan
  • Amdal mempunyai fungsi untuk memberi petunjuk mengenai suatu tempat untuk melakukan pembangunan yang sebenarnya layak pada suatu wilayah tertentu dan juga pengaruhnya.

Selain mempunyai fungsi, Amdal ini juga mempunyai manfaat yakni untuk menjamin terbentuknya suatu usaha maupun kegiatan pembangunan yang sebenarnya layak unutk dilakukan. Dengan adanya Amdal ini bisa dipastikan mampu untuk meminimalkan dampak yang akan ditimbulkan pada saat melakukan pembangunan. Selain itu, secara umum, tujuan dari dibentuknya Amdal ini ialah untuk menjaga serta meningkatkan kualitas terhadap lingkungan. Sehingga mampu mencegah terjadinya pencemaran yang mampu memberikan dampak yang negatif terhadap lingkungan. Sangat penting sekali untuk melakukan analisi dampak lingkungan ini agar apayang kita bangun tidak menimbulkan hal yang mampu mencemari lingkungan yang sangat jelas mampu menimbulkan kerugian bagi warga sekitar.