Survei Penelitian

Survei adalah teknik penelitian data yang dikumpulkan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan dari sekelompok individu yang disebut responden. Ini adalah metode yang digunakan secara luas dalam penelitian sociology, bisnis, ilmu politik, dan pemerintahan , serta dalam pendidikan.

Survei juga sangat penting dalam pendidikan tinggi. Banyak universitas yang telah di survei oleh lembaga penelitian, seperti University of Michigan,  Institut Penelitian Sosial dan Pendidikan Tinggi UCLA Research Institute. Setiap tahun sejak 1966, telah mensurvey mahasiswa baru untuk mengumpulkan informasi dari siswa tentang alasan-alasan untuk kuliah dan untuk memilih perguruan tinggi tertentu, karier dan rencana setelah lulus sekolah, sikap mereka, pandangan politik, preferensi agama, dan banyak aspek lain dalam kehidupan mereka. Survei tahun 1999, berdasarkan tanggapan dari 261.217 mahasiswa baru yang di masuki oleh 462 lembaga-lembaga AS, menunjukkan bahwa persentase yang signifikan dari laporan mahasiswa baru merasa semakin tingginya tingkat stres ( “Siswa Stres,” 2000). Mereka khawatir tentang membayar uang kuliah dan membuat memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan semua tugas-tugas yang mereka hadapi. Survei juga menemukan bahwa laporan siswa perempuan menderita stres pada tingkat hampir dua kali lipat dari rekan-rekan pria mereka.

Banyak disertasi doktor dan banyak penelitian yang diterbitkan dalam pendidikan jurnal dengan  metode survei. Sekolah negeri juga melakukan survei untuk mengumpulkan data seperti beban guru rata-rata, jumlah anak-anak prasekolah dalam masyarakat, jumlah mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, pendapat orang tua dan siswa dan data tentang segudang topik lain. Sebagai contoh, pada bulan Agustus 1999, 1.016 secara acak orang dewasa di Amerika Serikat yang disurvei mengenai cara-cara untuk memerangi kekerasan di sekolah. Lebih dari sepertiga berpikir bahwa mengurangi kekerasan di TV dan film adalah cara yang paling efektif untuk menghentikan kekerasan. Enam puluh lima persen berpikir bahwa kehadiran polisi di sekolah-sekolah akan mengurangi kekerasan. Dua puluh dua persen merasa bahwa konseling remaja adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah.

JENIS – JENIS SURVEI

Sebelum memulai penelitian survei, penyelidik harus menentukan format yang paling sesuai untuk penyelidikan yang diusulkan. Survei diklasifikasikan sesuai dengan fokus dan ruang lingkup (sensus dan survei sampel) atau sesuai dengan kerangka waktu untuk pengumpulan data (longitudinal dan cross-sectional survey).

Mengklasifikasi survey Menurut  Fokus dan Ruang Lingkup

Sebuah survei yang mencakup seluruh populasi yang menarik disebut sebagai sensus, sebagai contoh  banyak di antaranya adalah Sensus Amerika Serikat, yang dilakukan oleh pemerintah setiap sepuluh tahun. Dalam penelitian, bagaimanapun, “penduduk” tidak mengacu kepada semua orang dari suatu negara. Populasi adalah istilah yang  digunakan untuk merujuk kepada seluruh kelompok individu kepada siapa temuan dari studi berlaku. Peneliti mendefinisikan populasi spesifik yang diminati. Hal ini sering sulit atau bahkan tidak mungkin bagi peneliti untuk mempelajari populasi yang sangat besar. Oleh karena itu, mereka pilih porsi yang lebih kecil, yakni sampel dari populasi untuk studi.

Survei dapat dibatasi pada tabulasi sederhana yang terlihat “, seperti apa proporsi anak anak sekolah naik bus, dan kelas rata-rata pendaftaran. Jenis survey yang paling menantang adalah salah satu yang berusaha untuk mengukur tidak berwujud, seperti sikap, pendapat, nilai, atau psikologis dan sosiologis konstruksi. Dalam sebuah studi, Anda harus memusatkan pada keterampilan,  tidak hanya terlibat dalam sampling yang tepat, tetapi juga keterampilan yang terlibat dalam mengidentifikasi atau langkah-langkah yang tepat dalam  membangun dan menggunakan nilai.  Jika Anda mengklasifikasikan survei atas dasar ruang lingkup mereka (sensus versus sampel) dan fokus mereka (lawan terlihat “berwujud); maka terdapat empat kategori yaitu :

(1) sensus terlihat/terukur “, (2) sensus tidak berwujud, (3) survei sampel yang terlihat/terukur “, dan (4) survei sampel tak berwujud. Setiap jenis  memiliki kontribusi untuk membuat dan masalah-masalah  sendiri.

Sebuah Sensus terukur

Beberapa contoh sensus terukur, misalnya seorang kepala sekolah ingin tahu berapa banyak meja  di sekolah, berapa banyak anak sekolah naik bis, atau berapa banyak guru memiliki gelar master, dengan perhitungan sederhana akan memberikan informasi. Jika terdefinisi dengan baik dan variable yang diukur tidak rancu, dan enumerasinya akurat dan jujur, maka kepala sekolah dapat berkata, tanpa banyak ketakutan.

Sebuah Sensus tak terukur/tak berwujud

Misalkan sekarang kepala sekolah mencari informasi tentang prestasi murid atau cita – cita , guru moral, atau orangtua, sikap terhadap sekolah. Tugas akan lebih sulit, karena sensus ini berkaitan dengan konstruksi yang tidak secara langsung diamati tetapi harus diamati dari tindakan tidak langsung. Studi Nasional Evaluasi Sekolah (NSSE)  meginventaris pendapat yang dirancang untuk mengukur siswa, guru, dan orangtua sikap dan pendapat mengenai sekolah-sekolah. Mengelola persediaan kepada semua siswa, guru, atau orang tua dalam sistem sekolah akan mewakili sebuah sensus yang tak berwujud.

Contoh lain dari jenis sensus adalah prestasi-pengujian yang dilaksanakan oleh sebagian besar sekolah. Semua anak yang diuji, dan skor tes digunakan untuk membandingkan kinerja mereka dengan norma-norma nasional, kinerja sebelumnya mereka sendiri, dan seterusnya.

Nilai dari sebuah sensus berwujud sebagian besar adalah pertanyaan tentang sejauh mana instruments digunakan benar-benar mengukur konstruksi. Yang menarik. Cukup baik instrumen yang tersedia untuk mengukur kecerdasan dan prestasi dalam berbagai bidang akademis. Banyak variabel lain tetapi sangat sulit untuk diukur. Karena kurangnya peneliti instrumen yang dapat mengukur konstruksi yang bermakna terlibat, banyak pertanyaan penting dalam pendidikan belum dijawab. Variabel sebagai guru seperti keberhasilan, motivasi siswa, psychologi penyesuaian, dan kepemimpinan telah sulit untuk mendefinisikan dan mengukur operasional.

Contoh survey terukur / terlihat

Ketika peneliti mencari informasi tentang kelompok besar, biaya yang terlibat dalam melaksanakan sebuah sensus sering mahal. Oleh karena itu, peneliti menggunakan teknik sampling dan menggunakan informasi yang mereka kumpulkan dari sampel untuk membuat kesimpulan tentang  populasi secara keseluruhan. Ketika pengambilan sampel dilakukan dengan baik, maka kesimpulan yang dibuat mengenai populasi bisa sangat diandalkan. Sebuah contoh terkenal dari survei sampel terlihat “adalah Laporan Coleman (1966). Hal-studi ini dilakukan sebagai jawaban atas Bagian 402 dari Undang-undang Hak Sipil tahun 1964, yang mengarahkan Pendidikan Komisaris untuk melakukan survei terhadap ketidaksetaraan dalam kesempatan pendidikan di antara berbagai kelompok di Amerika Serikat. Survei sampel mencakup lebih dari 600.000 anak-anak di kelas 1, 3, 6, 9, dan 12 dari sekitar 4.000 sekolah. Sekolah pada umumnya dianggap sebagai wakil dari semua sekolah publik AS, meskipun ada beberapa disengaja lebih persentase sekolah dengan populasi kelompok minoritas. Dari data yang dihasilkan oleh survei, para peneliti menyimpulkan bahwa 65 persen orang kulit hitam masuk sekolah di mana lebih dari 90 persen siswa berkulit hitam dan 80 persen kulit putih mendaftar sekolah dihadiri lebih dari 90 persen putih. Bila dibuat perbandingan tentang ukuran kelas, fasilitas fisik, dan klasifikasi guru, relatif sedikit perbedaan ditemukan di antara sekolah-sekolah yang melayani berbagai ras dan kelompok etnis. Namun, variabel-variabel ini tidak berbeda antara metropolitan dan daerah-daerah pedesaan dan antara wilayah geografis. Mereka yang kurang beruntung dalam hal variabel tersebut  untuk anak-anak dan orang-orang pedesaan di Selatan, tanpa memandang ras.

Contoh Survei terukur / berwujud

Jajak pendapat publik adalah contoh-contoh studi mengukur konstruksi tidak berwujud. Opini tidak secara langsung diamati tetapi harus disimpulkan dari tanggapan yang dibuat oleh subjek untuk kuesioner atau wawancara. Opini pemungutan suara dimulai pada tahun 1930-an dan berkembang dengan pesat. Di mana responden telah bersedia mengungkapkan preferensi mereka bebas sebelum pemilu, misalnya, jajak pendapat telah cukup akurat dalam menyimpulkan opini publik dari yang telah mereka ramalkan hasil pemilihan berikutnya. Jajak pendapat ini telah memberikan contoh-contoh yang sangat baik dari kegunaan statistik sampel dalam memperkirakan para meter  populasi. Namun, jika orang-orang yang mendukung satu kandidat enggan mengungkapkan pilihan, sedangkan orang-orang yang mendukung calon lain merasa bebas untuk mengatakan demikian, cukup kesalahan diperkenalkan ke dalam hasil polling. Sebagai contoh, orang lebih bersedia untuk mengatakan bahwa mereka akan memilih melawan incumbent daripada baginya. Sebelum pemilihan presiden tahun 1948, beberapa jajak pendapat memperlihatkan incumbent memimpin Dewey, Truman, tetapi dengan banyak orang yang menunjukkan mereka ragu-ragu. Truman memenangkan pemilihan. Tampaknya kebanyakan dari mereka yang menunjukkan mereka benar-benar memutuskan memilih Truman. Responden juga enggan mengungkapkan pilihan yang mungkin muncul didasarkan pada kepentingan diri sendiri, prasangka, atau kurangnya pengetahuan tentang isu-isu.

Bagaimana seseorang akan memilih adalah tidak berwujud, tetapi apa yang ditandai pada surat suara adalah berwujud. Jaringan televisi layanan berita melakukannya dengan sangat baik dalam memprediksi bagaimana ketika negara akan memilih hanya beberapa daerah sekitar telah melaporkan, karena mereka dapat menggunakan ukuran nyata dari suatu sampel (yaitu, bagaimana beberapa surat suara yang sudah ditandai) untuk memprediksi suara populasi. Oleh karena itu, risiko hanya mereka yang terlibat dalam memperkirakan parameter  populasi dari statistic sampel. Namun, jajak pendapat yang memperkirakan berapa jumlah penduduk akan memilih berdasarkan bagaimana orang mengatakan mereka akan memilih memiliki cacat tambahan dari ukuran  apa yang berwujud pada saat pengukuran dilakukan. Survei tidak berwujud dibatasi oleh kenyataan bahwa peneliti mengumpulkan data hanya secara tidak langsung mengukur variabel-variabel yang mereka khawatirkan. Keseriusan keterbatasan ini tergantung pada seberapa baik pengamatan mengukur variabel tidak berwujud.

Survei yang sama dapat belajar terlihat “dan tidak terlihat pada waktu yang sama. Para penulis dari Laporan Coleman meminta siswa untuk menjawab kuesioner dan diberikan dalam  intelijen dan tes prestasi dalam rangka untuk membuat kesimpulan mengenai kelas sosial, kemampuan, dan prestasi, serta hubungan antara variabel-variabel ini satu sama lain dan untuk variabel berwujud dalam penelitian.

Klasifikasi Survei Menurut Sisa Dimensi

Dua jenis survei diklasifikasikan sesuai dengan waktu pengumpulan data: survei longitudinal ( Studi Perubahan Yang Di seberang waktu) dan survey penampang silang, yang berfokus pada satu titik waktu.

Longitudinal Survei

Longitudinal Survei mengumpulkan informasi pada berbagai titik waktu untuk mempelajari perubahan atas diperpanjang periode waktu. Sebagai contoh, seorang peneliti mempelajari perkembangan penalaran kuantitatif dalam sekolah dasar anak-anak akan memilih sampel anak-anak kelas pertama dan memberikan suatu ukuran penalaran kuantitatif. kelompok yang sama ini akan diikuti melalui tingkatan kelas berturut-turut dan diuji setiap tahun untuk. menilai bagaimana quantitative mengembangkan kemampuan berpikir dari waktu ke waktu. Tiga desain yang berbeda yang digunakan dalam penelitian survey longitudinal: panel studi, studi tren, dan penelitian kohort.

  • Studi panel

Dalam panel  studi, subyek yang sama disurvei pada waktu yang berbeda selama kurung waktu. Karena mata pelajaran yang sama dipelajari dari waktu ke waktu, para peneliti dapat melihat perubahan dalam perilaku individu dan menyelidiki alasan-alasan untuk perubahan. Contoh studi panel adalah survey longitudinal merokok dilakukan di Indiana University yang telah mengikuti kelompok yang sama mata pelajaran sejak tahun 1980 (Chassin et al., 1998). Studi asli menyurvei lebih dari 8.000 siswa SMA tentang pandangan mereka tentang merokok. Itu juga meminta pendapat mereka tentang akademisi, teman, dan pacaran. Para peneliti menemukan bahwa siswa yang kurang serius mengenai sekolah dan lebih suka memberontak lebih mungkin untuk mulai merokok daripada rekan mereka yang berorientasi akademis. Para perokok juga cenderung untuk memiliki teman yang merokok. Pada tahun 1987, para peneliti,  pertama mereka melakukan tindak lanjut survey dengan menghubungi 6.200 kelompok asli. Sebuah lanjutan kedua dimulai pada tahun 1993, dengan 73 persen dari kelompok asli berpartisipasi. Para peneliti meminta subjek pendapat mereka merokok dan, sekarang bahwa kebanyakan subjek orangtua, menjelajari  bagaimana mereka memiliki anak-anak yang terkena dampak merokok. Mereka juga mengamati anak-anak secara mandiri asli peserta, untuk menentukan apakah perilaku merokok menunjukkan transmisi antar generasi. Hasil (1998) menunjukkan bukti kuat untuk misi ¬ trans antar generasi rokok merokok: Remaja yang orang tuanya merokok itu sendiri lebih mungkin untuk merokok. Mereka juga menemukan bahwa praktik pengasuhan baik umum dan khusus merokok diskusi dan hukuman secara signifikan terkait dengan remaja merokok. Para peneliti menyarankan bahwa program saat ini saat ini terfokus pada pencegahan merokok  harus diperluas untuk mencakup komponen yang berfokus pada orangtua, seperti keterlibatan orang tua, pengiring , dan kontrol perilaku konsisten.

Trend Studi

Dalam sebuah tren studi , orang yang berbeda dari populasi umum yang sama disurvei pada waktu yang berbeda. Sebagai contoh, para peneliti yang telah mempelajari tren nasional di bidang matematika sampel prestasi siswa sekolah menengah di berbagai interval dan ukuran kinerja matematika mereka. Walaupun individu-individu yang sama tidak diuji setiap waktu, jika contoh: dari populasi siswa sekolah

menengah dipilih secara acak, hasil  ulang setiap kali dapat dianggap mewakili sekolah menengah populasi dari mana sampel yang diambil mahasiswa. Nilai tes dari tahun ke tahun dibandingkan untuk melihat apakah ada kecenderungan yang jelas. Contoh lain dari tren studi  survey tembakau dan penggunaan narkoba di kalangan pemuda Indiana dilakukan setiap tahun oleh Indiana Prevention Resource Center. Survei terbaru yang didasarkan pada 81.685 siswa di kelas 6 sampai 12 di sekolah-sekolah yang ditemukan 281 Indiana penurunan signifikan dalam tingkat tembakau dan penggunaan narkoba, terutama secara resmi di kalangan siswa sekolah menengah (Schuckel, 1999). Survei menemukan bahwa lebih sedikit 28.500 pemuda merokok pada bulanan atau lebih sering dasar dari pada tahun 1996, dua pertiga dari penurunan ini terjadi di kalangan menengah-sekolah dasar. Studi tren seperti surat izin pencari untuk menyelidiki efek dari waktu ke waktu dari peningkatan upaya pencegahan dan penegakan diarahkan pada populasi remaja.

Studi kohort

Dalam studi kohort, populasi tertentu diikuti selama jangka waktu. Sedangkan sampel studi tren populasi umum bahwa perubahan dalam keanggotaan dari waktu ke waktu, sebuah studi kohort sampel populasi tertentu yang anggota-anggotanya tidak berubah selama jangka waktu survei. Sebagai contoh, sebuah sistem sekolah mungkin mengikuti kelas lulus SMA (es) tahun 2000 dari waktu ke waktu dan meminta pertanyaan mereka tentang pendidikan yang lebih tinggi, pengalaman kerja, sikap, dan sebagainya. Dari daftar semua lulusan, sampel acak diambil di berbagai titik dalam waktu dan data dikumpulkan dari sampel. Dengan demikian, penduduk tetap sama selama studi, tetapi individu-individu yang disurvei adalah berbeda setiap kali.

Cross-Sectional Survey

Survei cross-sectional mempelajari penampang (sampel) dari suatu populasi pada satu titik waktu. Dalam studi longitudinal perkembangan kosakata, misalnya, seorang peneliti akan membandingkan ukuran siswa kelas pertama ‘kemampuan kosakata pada 1993 dengan satu saat mereka kelas empat siswa pada tahun 1996 dan siswa kelas tujuh di penampang 1999. A studi akan membandingkan keterampilan kosakata sampel anak-anak dari kelas 1, 4, dan 7 di penampang 1999.The survei adalah metode pilihan jika Anda ingin untuk mengumpulkan data pada satu titik waktu.

Survei longitudinal lebih memakan waktu dan mahal untuk melakukan, karena peneliti harus mengikuti mata pelajaran dan memelihara kerjasama mereka selama jangka waktu yang panjang. Cross-sectional survey, sebaliknya, tidak memerlukan bertahun-tahun untuk menyelesaikan proses yang lengkap. Oleh karena itu, mereka kurang mahal. Kerugian utama dari metode penampang adalah bahwa perbedaan antara sampel kesempatan mungkin serius bias hasilnya. Anda mungkin secara kebetulan menarik sampel pertama-murid kelas yang lebih dewasa dari rata-rata dan contoh-murid kelas empat yang kurang matang daripada rata-rata, dengan akibat bahwa perbedaan antara kelompok yang muncul jauh lebih kecil daripada yang sebenarnya adalah-Namun, peneliti biasanya dapat memperoleh sampel yang lebih besar untuk cross-sectional studi daripada untuk studi longitudinal, dan sampel yang lebih besar mengurangi masalah perbedaan kesempatan.

TEKNIK SURVEY

Survei memungkinkan Anda untuk mengumpulkan informasi dari sampel besar orang yang relatif lebih cepat dan murah. Melakukan survei yang baik, bagaimanapun, tidak semudah mungkin awalnya muncul. Hal ini membutuhkan perencanaan yang cermat, pelaksanaan, dan analisis jika ingin menghasilkan informasi yang dapat dipercaya dan valid.

Enam Langkah-langkah Dasar Apakah Terlibat dalam Survey Research:

  1. Perencanaan. Penelitian survei dimulai dengan pertanyaan bahwa peneliti percaya dapat dijawab paling tepat dengan menggunakan metode survei. Misalnya, “Bagaimana perasaan guru SD mempertahankan siswa?” dan “Apa tingkat penggunaan tembakau di kalangan siswa sekolah menengah di kabupaten ini?” adalah pertanyaan yang hanya survei yang bisa menjawab. Pertanyaan penelitian dalam penelitian survei dihabiskan secara khas menyangkut keyakinan, preferensi, sikap, atau perilaku yang dilaporkan sendiri dari orang-orang dalam studi. Sebuah tinjauan literature mengungkapkan apa eter peneliti telah belajar tentang pertanyaan itu. Para peneliti juga perlu memutuskan pada saat ini di mana teknik pengumpulan data yang digunakan.
  2. Mendefinisikan populasi. Salah satu langkah penting pertama adalah untuk menentukan populasi yang diteliti. Kepada siapa Anda akan mendistribusikan survei? Mungkin populasi cukup besar, atau mungkin agak terbatas. Sebagai contoh, mungkin populasi semua guru SD di Amerika Serikat atau semua guru SD di negara bagian Indiana. Atau Anda bias lebih lanjut membatasi penduduk untuk “semua tahun pertama guru SD laki-laki di negara bagian Indiana.” Defacing penduduk sangat penting untuk mengidentifikasi mata pelajaran yang sesuai untuk memilih untuk belajar dan untuk mengetahui kepada siapa hasilnya dapat digeneralisir. Setelah penduduk telah ditentukan, peneliti harus memperoleh atau membuat daftar lengkap dari semua individu dalam populasi. Daftar ini, yang disebut kerangka sampling, dapat sangat sulit dan memakan waktu untuk membuat  kalau daftar belum tersedia.
  3. Sampling. Karena umumnya tidak dapat peneliti survei seluruh populasi, mereka memilih sampel dari populasi. Hal ini sangat penting untuk memilih sampel yang akan memberikan hasil yang serupa dengan yang akan diperoleh jika seluruh penduduk telah disurvei. Dengan kata lain, sampel harus mewakili populasi. Sejauh mana hal ini terjadi tergantung pada cara subjects yang dipilih. Prosedur sampling yang paling mungkin untuk menghasilkan sebuah rwakil sampel adalah beberapa bentuk dari probabilitas sampling (lihat Bab 7). Probabilitas sampling memungkinkan Anda untuk memperkirakan seberapa jauh hasil sampel cenderung menyimpang dari nilai-nilai populasi.
  4. Membangun instrumen. Tugas utama dalam penelitian survei adalah membangun instrumen yang akan digunakan untuk mengumpulkan data dari sampel. Dua tipe dasar pengumpulan data instrumen wawancara dan kuesioner.
  5. Melakukan survei. Setelah pengumpulan data instrumen disiapkan, itu harus dites di lapangan untuk menentukan apakah akan memberikan data yang diinginkan. Juga termasuk dalam langkah ini adalah pelatihan para pengguna alat, mewawancarai subyek atau menyebarkan kuesioner kepada mereka, dan memverifikasi keakuratan data yang dikumpulkan.
  6. Pengolahan data. Langkah terakhir mencakup pengkodean data, analisis statistik, hasil interpreting, dan pelaporan temuan.

Banyak pertimbangan yang terlibat dalam melaksanakan langkah-langkah sebelumnya. Keseimbangan bab ini membahas secara rinci pertimbangan ini.

Data Teknik Gathering

Ada dua dasar di mana data yang dikumpulkan dalam penelitian survey yaitu : wawancara dan kuesioner. Masing-masing memiliki dua pilihan, sehingga menyediakan empat pendekatan yang berbeda untuk mengumpulkan data :

  1. Wawancara pribadi
  2. Wawancara telepon
  3. Dihubungi kuesioner
  4. Langsung diberikan kuesioner

Meskipun mereka semua menggunakan menanyakan pertanyaan-pendekatan, masing-masing memiliki characteris  tertentu , keuntungan dan kerugian  yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan jeni sapa instrumen yang akan digunakan.

Wawancara pribadi

Dalam wawancara pribadi, pewawancara membaca pertanyaan-pertanyaan kepada responden di muka pengaturan dan catatan jawabannya. Salah satu aspek yang paling penting dari wawancara adalah fleksibilitas. Pewawancara memiliki kesempatan untuk mengamati subjek dan total situasi di mana atau dia adalah menanggapi. Pertanyaan dapat diulang atau menjelaskan makna mereka jika mereka tidak dipahami oleh para responden. Pewawancara juga dapat menekan untuk informasi tambahan ketika tampaknya respon yang tidak lengkap atau tidak sepenuhnya relevan.

Tingkat respons yang lebih besar jelas lain Manfaat wawancara. Tingkat tanggapan istilah merujuk pada proporsi sampel yang dipilih yang setuju untuk diinterview  atau mengembalikan kuesioner yang selesai di isi. Dengan wawancara, tingkat respons sangat tinggi mungkin 90 persen atau lebih baik. Kontak pribadi meningkatkan kemungkinan bahwa individu akan berpartisipasi dan akan memberikan informasi yang dikehendaki. Dengan dikirimkan kuesioner, kontak pribadi yang hilang dan orang lebih cenderung menolak untuk bekerja sama. Hal ini mengakibatkan banyak yang tidak kembali (orang-orang yang tidak melengkapi dan mengembalikan kuesioner). Rendahnya tingkat respons khas untuk mengirimkan kuesioner (kurang dari 30 persen s Common) tidak hanya mengurangi ukuran sampel, tetapi juga mungkin bias hasil (Fowler, 1993). Selain itu, pewawancara bisa mendapatkan jawaban untuk semua atau sebagian besar pertanyaan. Data yang hilang merupakan masalah serius untuk mengirimkan kuesioner.

Keuntungan lain adalah kontrol yang pewawancara memiliki lebih dari urutan dengan pertanyaan-pertanyaan yang dianggap. Dalam beberapa kasus, sangat penting bahwa responden tidak tahu sifat pertanyaan kemudian, karena tanggapan atas pertanyaan-pertanyaan dapat mempengaruhi tanggapan sebelumnya. Masalah ini dihilangkan dalam sebuah wawancara, di mana subjek tidak tahu apa pertanyaan yang datang dan tidak bisa kembali dan mengganti jawaban yang diberikan sebelumnya. Bagi individu yang tidak bisa membaca dan memahami kuesioner tertulis, antar-pandangan menyediakan satu-satunya teknik pengumpulan informasi.

Kerugian utama dari wawancara pribadi adalah bahwa hal itu lebih mahal daripada metode survei lain. Pemilihan dan pelatihan pewawancara, gaji mereka, dan perjalanan mereka ke situs wawancara membuat prosedur ini mahal. Dibutuhkan banyak waktu untuk menghubungi calon responden, mengatur janji, dan benar-benar melakukan wawancara. Kelemahan lain adalah kemungkinan pewawancara bias, yang terjadi saat pewawancara sendiri atau perasaan dan sikap pewawancara jenis kelamin, ras, usia, dan karakteristik lain yang mempengaruhi pertanyaan cara diminta atau ditafsirkan. Karakteristik Pribadi dari pewawancara dapat mempengaruhi reaksi mata pelajaran dan cara mereka menjawab. Pewawancara mungkin secara lisan atau mendorong atau hadiah tanpa kata-kata “benar” tanggapan ulang yang sesuai dengan harapan nya. Analisis tanggapan yang diberikan kepada beberapa survey mengenai pendapat tentang aborsi menemukan bahwa jenis kelamin pewawancara mungkin menjadi faktor. Wanita berbicara dengan perempuan dan laki-laki berbicara dengan pewawancara laki-laki cenderung memberikan pilihan yang lebih pro-tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan daripada perempuan berbicara dengan laki-laki atau laki-laki berbicara kepada perempuan (Coughlin, 1990). Demikian pula, jika ras tertentu atau kelompok etnis diwawancarai, adalah bijaksana untuk menggunakan pewawancara dari kelompok yang sama.

Masalah lain adalah kecenderungan sosial bias di mana responden ingin menyenangkan pewawancara dengan memberikan tanggapan yang diterima secara sosial mereka tidak harus memberikan pada kuesioner tanpa nama. Misalnya, dalam preferensi jajak pendapat di tahun 1989 meyertakan pemilihan minoritas yang melibatkan calon walikota New York dan untuk gubernur Virginia, proporsi responden yang mengatakan mereka akan memilih untuk calon minoritas jauh lebih tinggi daripada proporsi suara calon ini benar-benar diterima dalam pemilu. Untuk menjelaskan kesalahan ini, para peneliti berspekulasi memberi suara pada putih yang  mungkin mereka takut  akan muncul rasis jika mereka mengakui pada pewawancara bahwa mereka lebih menyukai calon putih (Coughlin, 1990).

Wawancara telepon

Wawancara telepon telah menjadi lebih populer, dan kajian terbaru menunjukkan bahwa secara menguntungkan dibandingkan dengan tatap muka wawancara (Wilhoit & Weaver, 1990). Keuntungan utamanya adalah biaya rendah dan lebih cepat selesai, dengan tingkat respons yang relative tinggi. Wawancara telepon dapat dilakukan selama rentang waktu relatif singkat dengan orang-orang yang terdaftar di wilayah geografis yang besar. Sebagai contoh, organisasi jajak pendapat nasional sering menggunakan telepon untuk memperoleh pendapat nasional di antara para pemilih pada waktu pemilihan. Survei berskala besar di kota-kota besar sering menggunakan telepon pewawancara daripada mengirim ke daerah-daerah yang tidak aman. Memungkinkan telepon survei untuk mencapai orang-orang yang tidak akan membuka pintu bagi seorang pewawancara, tetapi yang mungkin bersedia untuk berbicara di telepon.  iklan lain yang menguntungkan adalah bahwa responden memiliki perasaan yang lebih besar anonimitas-dan karena itu mungkin ada kurang pewawancara bias dan kurang desirabilitas sosial bias dibandingkan dengan wawancara pribadi.

Kerugian utama dari wawancara telepon adalah bahwa ada lebih sedikit kesempatan untuk membangun hubungan dengan responden daripada di face-to-face situasi. Dibutuhkan banyak keterampilan untuk melaksanakan wawancara telepon yang valid sehingga hasil yang diperoleh. Pewawancara sering merasa sulit untuk mengatasi kecurigaan dari responden yang terkejut, terutama ketika meminta pertanyaan pribadi atau sensitif. Muka surat yang menginformasikan responden potensi panggilan yang mendekat kadang-kadang digunakan untuk menangani masalah ini, tapi surat itu dapat menimbulkan masalah lain. Penerima memiliki waktu untuk memikirkandan  mempersiapkan tanggapan atau penolakan untuk berpartisipasi ketika panggilan masuk .

Kelemahan lain adalah bahwa rumah tangga tanpa telepon dan orang-orang dengan nomor tidak terdaftar secara otomatis dikeluarkan dari survei, yang mungkin  hasilnya menyimpang. Namun, teknik yang dikenal sebagai “angka acak cepat” memecahkan masalah nomor tidak terdaftar (walaupun tidak semua  rumah tangga tanpa telepon). Dalam angka acak cepat, sebuah komputer secara acak menghasilkan daftar nomor telepon yang didasarkan pada semua kemungkinan dianggap angka digunakan di suatu daerah. Karena penentuan acak, teknik ini meyakinkan bahwa setiap rumah tangga dengan layanan telepon memiliki kesempatan yang setara untuk diikutsertakan dalam sampel. Lihat Fowler (1995) untuk diskusi menyeluruh angka acak panggilan.

Keterbatasan lain survei telepon muncul dari teknologi baru. Pertama, karena peningkatan penggunaan telemarketing, masyarakat dihujani dengan sampah panggilan telepon. Ketika seorang pewawancara panggilan, orang mungkin berpikir itu telemarketer lain dan hanya menutup telepon. Kedua, layanan seperti identifikasi pemanggil, nomor telepon pemblokiran, dan prosedur yang serupa memungkinkan  dapat telepon ditempat pelanggan untuk memiliki banyak kontrol yang lebih besar panggilan masuk. Orang mungkin mengabaikan panggilan dari nomor peneliti tak dikenal .

Computer-Assisted Telephone Interviewing (CATI)

Komputer dan teknologi telekomunikasi telah diterapkan untuk telepon survei. Mengenakan earphone, pewawancara duduk di sebuah komputer sementara secara acak memilih nomor telepon (melalui panggilan angka acak atau dari database) dan cepat. Bila jawaban responden, pewawancara membaca

pertanyaan pertama yang muncul pada layar komputer dan jenis jawaban langsung ke komputer. Program komputer menampilkan layar berikutnya berisi pertanyaan berikutnya, dan seterusnya melalui seluruh survey. Menggunakan CATI menghemat banyak waktu. The surveyor dapat mengisi formulir pada layar komputer atau jenis jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan terbuka dengan sangat cepat. Keuntungan terbesar adalah bahwa perangkat lunak CATI tanggapan langsung ke dalam format file data seperti yang mengetik, yang akan menghemat waktu peneliti biasanya menghabiskan waktu di pengkodean dan secara manual mentransfer tanggapan  dari kertas ke dalam komputer untuk analisis.

Dihubungi Kuesioner

Langsung satu-satu kontak dengan mata pelajaran dalam sebuah wawancara pribadi memakan waktu dan mahal. Seringkali banyak informasi yang sama dapat diperoleh dengan menggunakan kuesioner dikirimkan kepada setiap individu dalam sampel, dengan permintaan bahwa dia dan mengembalikannya lengkap dengan tanggal tertentu. Karena kuesioner yang dikirimkan, dimungkinkan untuk memasukkan lebih banyak mata pelajaran maupun mata pelajaran dalam lokasi lebih beragam daripada yang praktis dengan wawancara.

Mengirimkan suatu kuesioner memiliki keunggulan menjamin kerahasiaan atau anonimitas, sehingga mungkin memunculkan tanggapan lebih jujur daripada wawancara pribadi. Dalam sebuah wawancara, subjek mungkin enggan mengungkapkan secara politik tidak benar tidak populer atau sudut pandang atau memberikan informasi yang mereka pikir dapat digunakan melawan mereka di lain waktu. Kuesioner yang dikirimkan juga menghilangkan masalah bias pewawancara. Suatu kelemahan dari kuesioner adalah responden kemungkinan salah mengartikan pertanyaan. Hal ini sangat sulit untuk merumuskan serangkaian pertanyaan yang artinya adalah sangat jelas bagi setiap pembaca. Penyelidik mungkin tahu persis apa yang dimaksud dengan sebuah pertanyaan, tetapi karena miskin kata-kata atau istilah arti yang berbeda, responden membuat penafsiran yang berbeda secara signifikan. Selanjutnya, segmen-segmen besar dari populasi mungkin tidak bias membaca dan menjawab kuesioner yang dikirimkan. Hanya orang-orang dengan pendidikan cukup tinggi mungkin dapat menyelesaikan kuesioner yang sangat kompleks.

Pembatasan penting lain mengirimkan kuesioner adalah rendahnya tingkat pengembalian. Hal ini  adalah mudah bagi individu yang menerima kuesioner untuk berbaring ke samping dan hanya lupa untuk melengkapi dan mengembalikannya. Tingkat respons yang rendah membatasi kemampuan generalisasi hasil penelitian kuesioner. Tidak dapat diasumsikan bahwa non respons secara acak di seluruh grup. Penelitian telah menunjukkan bahwa biasanya ada perbedaan sistematis dalam karakteristik responden dan non responden untuk kuesioner studi. Tingkat respons sering lebih tinggi di antara yang lebih cerdas, lebih berpendidikan, lebih teliti, dan lebih tertarik atau secara umum lebih menguntungkan untuk masalah yang terlibat dalam pertanyaan. Tujuan dalam studi kuesioner adalah 100 persen kembali, walaupun harapan mungkin  bisa dapat 75-90 persen kembali.

Sejumlah faktor telah ditemukan untuk mempengaruhi tingkat pengembalian untuk mengirimkan kuesioner. Beberapa di antaranya adalah (1) panjang kuesioner, (2) surat, (3) Sponsor  dari kuesioner, (4) daya tarik dari kuesioner, (5) kemudahan perlengkapan dan mengirim kembali, (6) bunga terangsang oleh konten, (7) penggunaan moneter incentive, dan (8) tindak lanjut prosedur yang digunakan. Kita akan membahas faktor-faktor ini lebih rinci nanti.

Electronic Mail Survei

Surat elektronik (e-mail) survei menjadi lebih populer. Dillman (2000) menemukan bahwa e-mail survei memiliki keuntungan dari pembisik kembali, barang yang lebih rendah tidak respons, dan lebih lengkap jawaban atas pertanyaan-pertanyaan terbuka. Kerugian utama adalah bahwa tidak semua orang memiliki e-mail. Dillman melaporkan bahwa pada musim gugur 1998, hanya 42 persen dari rumah  AS memiliki komputer dan total 26 persen memiliki koneksi e-mail. B ¬ ecause hanya sebagian kecil dari penduduk AS dapat dihubungi melalui e-mail, … “tidak ada kemungkinan untuk pendaftarannya populasi umum dan menggambar contoh di mana hamper setiap orang dewasa di AS yang dikenal populasi memiliki kesempatan bukan nol untuk terpilih untuk berpartisipasi dalam survei” (hal 355). E-mail survei telah digunakan paling berhasil di kampus-kampus dengan dosen dan mahasiswa, dengan perusahaan dan karyawan, atau dengan penduduk lain yang memiliki t-gila universal akses. Dillman menyarankan menggabungkan e-mail dan surat biasa survei untuk tingkat pengembalian maksimum. Penelitian (Shaefer & Dillman, 1998) menunjukkan bahwa beberapa faktor yang ditemukan untuk menjadi penting bagi surat biasa urvei juga penting dalam e-mail survei. Sebagai contoh, orang yang menerima e-mail sebelum pemberitahuan tentang survei lebih cenderung menjawab; juga, survei yang ditujukan secara pribadi kepada seseorang (bukan menjadi bagian dari sebuah mailing list) memiliki tingkat respons yang lebih tinggi.

Survei internet

Survei internet juga sedang digunakan dan mungkin memiliki keuntungan atas e-mail. Tidak seperti survei e-mail, Internet survei memiliki format yang sama pada semua pengguna ‘layar. Survei internet juga lebih mudah bagi responden untuk menavigasi.

Langsung Diberikan Kuesioner

Yang langsung diberikan kuesioner adalah yang diberikan kepada sekelompok orang yang berkumpul di tempat tertentu untuk tujuan tertentu. Contoh mencakup survei terhadap mahasiswa baru atau orang tua mereka menghadiri orientasi musim panas di sebuah universitas. Survei di universitas sering kali melayani di kelas atau di asrama. Jacobs (1985) menggunakan metode ini untuk mengumpulkan siswa kelas satu persepsi mengenai persiapan akademik mereka untuk kuliah kerja. Mudah untuk mencapai sampel besar mahasiswa di berbagai disiplin ilmu yang diatur oleh  survei di ruang kelas (dengan izin dari profesor).

Keuntungan utama dari pemberian langsung kuesioner adalah tingginya tingkat respons, yang biasanya mencapai 100 persen. Keuntungan lain adalah biaya rendah dan fakta bahwa peneliti hadir untuk memberikan bantuan atau menjawab pertanyaan. Kerugiannya adalah bahwa peneliti biasanya dibatasi dalam hal di mana dan kapan kuesioner dapat diberikan. Juga, karena sampel biasanya sangat spesifik (misalnya, orang tua mahasiswa baru di universitas tertentu), temuan yang digeneralisasi hanya ke populasi  yang mewakili sampel.

MEMILIH SAMPLE

Sekarang lihat lagi pada bagian dalam Bab 7 tentang teknik sampling dan faktor-faktor yang mempengaruhi ukuran sampel yang dipilih. Beberapa tambahan teknik diskusi ukuran sampel Nampak di bagian berikut.

Ukuran sampel

Berapa besar sampel untuk menggambar adalah salah satu awal dan pertanyaan-pertanyaan yang sulit peneliti harus menjawab. Aturan umumnya adalah besar sampel, semakin baik, tetapi aturan ini tidak specific cukup untuk membantu. Langkah pertama dalam menentukan ukuran sampel adalah untuk menentukan tingkat akurasi atau sebaliknya margin error yang anda inginkan dalam perkiraan nilai populasi. Anda ingin sedikit sampling error, karena hal ini berarti bahwa data sampel lebih dekat ke nilai-nilai populasi yang sedang Anda coba untuk menentukan. Anda tidak tahu nilai-nilai penduduk; jika Anda melakukannya, tidak akan ada kebutuhan untuk sampel. Tetapi Anda dapat mencegah tambang  probabilitas bahwa nilai-nilai sampel berbeda dengan jumlah tertentu dari nilai-nilai populasi. Hal ini dilakukan dengan menghitung margin kesalahan, yang menunjukkan rentang di mana nilai populasi sebenarnya akan sangat mungkin jatuh. Margin of error biasanya diberikan bila hasil survei dilaporkan. Sebagai contoh, pada Desember 1999, berdasarkan hasil survei 899, majalah Uang melaporkan bahwa 63 persen dari Amerika menjawab “Ya” untuk pertanyaan “Apakah Anda baik sekarang daripada empat tahun yang lalu? ‘* Majalah melaporkan margin of error dari 3 persen. Hal ini berarti bahwa jika sample mewakili populasi baik, ada kemungkinan bahwa 95 persen populasi persen yang akan memberikan respons ini adalah antara 60 dan 66 persen. Dalam survei conducted menyalurkan oleh jajak pendapat utama organisasi, margin kesalahan ± 3% umumnya diterima.

Margin of Error

Bagaimana menghitung margin kesalahan? Jika probabilitas sampling yang digunakan, para peneliti memiliki dasar untuk memperkirakan seberapa jauh hasil-hasil sampel kemungkinan besar akan menyimpang dari nilai-nilai populasi (margin of error) untuk ukuran sampel tertentu. Menggunakan proporsi sampel yang diperoleh, Anda dapat menghitung varians dan standard error-yang proporsi varians dari suatu proporsi yang pq, dimana p adalah proporsi setuju dengan respon yang diberikan dan q adalah proporsi yang tidak setuju.

***

(Source : Fitriani Nur, Mahasiswa PPs UNM Makassar | Prodi Pendidikan Matematika, 2008)