Materi Pesantren Kilat SD, SMP, SMA

Materi Pesantren Kilat SD, SMP, SMA. Hmm .. Sebentar lagi Ramadhan. Biasanya kalo menjelang Ramadhan gini banyak yang nyari materi Pesantren Kilat. Apalagi bagi guru Agama, materi Pesantren Kilat merupakan salah satu materi penting dalam rangkaian kegiatan amaliah Ramadhan.

Sebagai pembelajaran tambahan, pesantren kilat harusnya menjadi masa belajar yang menyenangkan buat siswa. Mengingat masa disajikannya adalah saat puasa *yang notabene rata-rata orang akan mengantuk karena bangun sahur, ditambah perut  yang mungkin lapar, hehe *baiknya persiapan materi pesantren kilat dikemas dengan sedemikian baik.

Di sekolah saya, SMAN 1 Bone-Bone, pesantren kilat biasanya diadakan pada pekan ke-2 Ramadhan. Tahun ini juga begitu. Pekan pertama Ramadhan libur sepekan, masuk 2 pekan untuk belajar dan sepekan menjelang lebaran libur lagi. Pada pekan sekolah inilah pesantren kilat diadakan. Hmmm .. Mungkin menyenangkan, tapi juga bisa jadi sangat membosankan bila penyajiannya tidak tepat.

Materi Pesantren Kilat SD

Bagi siswa SD, materi pesantren kilat yang utama adalah penekanan pada aqidah dan ibadah khos. Dalam hal ini, saya menyarankan Bapak Ibu guru tidak terlalu memperbanyak materi. Sebaiknya hanya 2 hingga 4 materi saja. Materi tentu saja dapat diulang, dengan intensitas muatan yang lebih berisi.

Untuk Materi Pesantren Kilat SD, saya menyarankan Bapak Ibu guru menyajikan materi berikut :

  • Tauhid : Tuhan Yang Esa, Bukti adanya Tuhan
  • Fiqh : Tata cara Bersuci, Tata cara Shalat
  • Pembacaan Iqra’ (Al-Qur’an)

Materi Tauhid pada Pesantren Ramadhan akan menjadi patokan penanaman aqidah islamiyah yang baik bagi siswa. Jika disedikan masa sepekan untuk pelaksanaan pesantren kilat, gunakan sehari pertama untuk materi Tauhid dan pembahasannya. Awali dulu dengan pengajian Al-Qur’an selama 30 menit. Hari ke-2 dan ke-3 bisa digunakan untuk teori dan praktek tata cara besuci. Dan sisanya, digunakan untuk membahas dan mempraktekkan tata cara shalat.

Saya menganggap jika 4 materi utama ini disajikan dengan baik, seusai pesantren kilat, siswa SD akan terbiasa untuk melaksanakan ibadah rutin. Bukankah bagi mereka yang wajib baru shalat? Hmm …

Materi Pesantren Kilat SMP

Untuk pesantren kilat SMP, materi mungkin bisa lebih banyak. Namun, tetap saja ke-empat materi di atas harus diikutkan, ditambah dengan beberapa materi. Saya sarankan materi pesantren kilat SMP adalah :

  • Tauhid : Tuhan Yang Esa, Bukti adanya Tuhan
  • Fiqh : Tata cara Bersuci, Tata cara Shalat, materi tentang Haid, Shalat Berjamaah
  • Pembacaan Iqra’ (Al-Qur’an)
  • Tarikh : Sejarah Hidup Nabi Muhammad Saw.
  • Akhlaq : Akhlaq kepada Allah & Orang Tua

Pembahasan ini saya kira lumayan mantap. Masih perlu mengutamakan pembahasan dan praktek materi bersuci dan shalat. Hmmm ..

Materi Pesantren Kilat SMA

Untuk materi pesantren kilat SMA, saya menyarankan beberapa materi berikut:

  • Tauhid : Tuhan Yang Esa, Bukti adanya Tuhan
  • Fiqh : Tata cara Bersuci, Tata cara Shalat, materi tentang Haid, Shalat Berjamaah
  • Pembacaan Iqra’ (Al-Qur’an)
  • Tarikh : Sejarah Hidup Nabi Muhammad Saw., Sejarah Khulafaur Rasyidin
  • Akhlaq : Akhlaq kepada diri Sendiri, Allah, Orang Tua dan Masyarakat; Pembahasan tentang CINTA dalam Islam

Demikian saran saya tentang materi pesantren kilat SD, SMP, SMA. Semoga bermanfaat.

Apakah sahabat juga punya saran tentang Materi Pesantren Kilat SD, SMP, SMA?

Baca artikel saya yang lain :