Cara Mencegah dan Mengobati Bisul

Mereka yang pernah mengalami penyakit ini pastinya sudah tahu bahwa ini adalah salah satu penyakit yang memalukan. Bisul! Ini adalah  salah satu penyakit yang di cap ‘memalukan’. Bagi sebagian orang, bisul adalah aib yang harus ditutupi keberadaannya. Misalnya, bisul yang ada di paha yang dekat dengan (maaf) pantat. Ini tentunya akan membuat penderita kesulitan untuk duduk, bahkan untuk berdiri sekalipun.

Bisul disebabkan karena kebersihan yang kurang baik. Kumpulan nanah yang disebabkan karena luka dan terinfeksi oleh kuman, jamur dan parasit. Namun, dalam kasus tertentu, mereka yang mempunyai daya tahan tubuh dan kebersihan yang buruk sangat rentan mengalami penyakit ini. Penyakit ini tidak memandang siapa dan dalam usia berapa dalam setiap kemunculannya. Bisul bisa menyerang siapa saja, baik itu orang tua, anak-anak bahkan hingga bayi.

Penyebab bisul lainnya adalah dikarenakan bakteri. Bakteri yang ada disekitar kita, apalagi ketika daya tahan tubuh yang sedang menurun, akan masuk kedalam tubuh melalui pori-pori. Bakteri tersebut akan menghambat dan menutup pori-pori sehingga kulit tidak bisa bernafas dengan  bebas, bahkan hingga tersumbat. Lapisan minyak yang ada dibagian bawah kulit tidak akan bisa keluar dan  terinfeksi dengan bakteri. Inilah salah satu penyebab bisul yang paling sering terjadi.

Penyebab bisul  yang lainnya adalah dikarenakan alergi. Mereka yang mempunyai alergi dengan makanan seperti telur dan bahan makanan protein lainnya, mempunyai potensi terkena bisul yang besar dikarenakan metabolism tubuh yang tidak bisa menerima protein tersebut. Sekalipun hidup dengan kebersihan dengan tingkat yang tinggi.

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bisul adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Jika penyebab bisul sudah diketahui berasal dari telur atau sumber protein yang lainnya, maka penderita sebaiknya menghindari bahan tersebut.

Jika bisul sudah menyerang seseorang, maka penderita tersebut sebaiknya pergi ke  dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Obat alami yang bisa digunakan diantaranya adalah dengan mengoleskan bawang putih pada area disekitar bisul. Bisul akan ‘matang’ dan pecah dengan sendirinya.