Cara Alami Hilangkan Karang Gigi

Gigi yang bersih dan putih merupakan dambaan semua orang. Namun adanya karang gigi tentu membuat keindahan gigi menjadi berkurang. Karang gigi selain membuat gigi terihat jelek juga menyebabkan gusi mudah berdarah dan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Sebenarnya karang gigi adalah sarang kuman. Sebagian besar orang di dunia mempunyai karang gigi di mulut mereka dengan tingkatan yang berbeda. Agar tidak menyebabkan hilangnya gigi, kita tentu harus menghilangkan karang gigi. Sebaiknya, gunakan cara alami berikut ini untuk membantu menghilangkannya dengan mudah dan cepat.

Sikat Gigi Minimal Dua Kali Sehari
Sikat gigi secara teratur setiap hari akan memperkecil kemungkinan bertambahnya karang gigi. Saat menyikat gigi, jangan hanya gigi saja yang dibersihkan tetapi juga bagian gusi harus dibersihkan. Gosok gusi bagian atas dengan cara menggosok dari atas ke bawah sedangkan untuk rahang bawah digosok dari bawah ke atas.

Biji Asam Kawak
Sangrai biji asam kawak. Setelah itu, haluskan biji tersebut dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah menjadi bubuk, bubuk tersebut bisa digunakan untuk menggosok bagian karang gigi dengan bantuan kapas atau sikat gigi.

Cengkeh
Selain digunakan sebagai penyedap aroma makanan, cengkeh ternyata juga dapat membantu menghilangkan karang gigi. Caranya, ambil tujuh buah cengkeh. Tumbuk halus cengkeh tersebut dan gunakan untuk menggosok karang gigi. Selain itu, bubuk cengkeh ini juga dapat digunakan untuk berkumur. Cara Mencegah dan Mengobati darah tinggi

Batu Bata Merah
Haluskan batu bata secukupnya hingga berbentuk bubuk. Setelah itu, gosokkan bubuk bata tersebut di bagian gigi yang akan dibersihkan dari karang. Setelah digosok, bersihkan gigi dan ulangi cara ini sebanyak tiga kali.

Apel
Konsumsi buah apel beserta kulitnya juga dapat membantu membersihkan karang gigi. Kulit buah apel diketahui cukup efektif membersihkan plak membandel yang menempel pada gigi. Lakukan cara ini secara rutin agar karang gigi cepat hilang dan mencegah munculnya karang gigi.
Rajin Kumur

Berkumurlah setiap kali setelah makan untuk menghilangkan sisa-sia makanan yang tertinggal di mulut. Cara ini cukup efektif untuk membantu mengurangi pertumbuhan karang gigi.