Cara Mencegah dan Mengobati Batu Ginjal

Bagian ginjal adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting selain dari organ jantung dan paru-paru. Ginjal memberikan peranan yang sangat penting sebagai salah satu penyaring racun atau toxic yang masuk kedalam tubuh dengan membuangnya ke saluran kemih.

Selain itu, fungsi ginjal yang lain adalah sebagai salah satu indikator keadaan cairan dari dalam tubuh seseorang. Seseorang yang kekurangan cairan biasanya akan mempunyai air seni yang kuning dan pekat. Namun bila keadaan cairan seseorang baik, maka air seninya akan cair dan cenderug berwarna jernih.

Penyakit yang sering menyerang manusia pada bagian  ini adalah batu ginjal. Ini adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu. Penderita penyakit ini akan mendapatkan rasa nyeri yang amat sangat pada bagian perut bawah. Batu yang tumbuh dan berada pada bagian ginjal dikarenakan tumpukan asam dan garam.
Batu ginjal akan berkembang  dan terus menumpuk ketika seseorang tidak segera mengobati penyakit ini dalam waktu yang lama. Gejala batu ginjal yang terasa atau yang nampak sebaiknya membawa penderita segera mencari pengobatan  sehingga ukuran dari batu ginjal tidak bertambah besar dan menghambat keluarnya air seni.
Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit ini dikarenakan gerakan batu yang mengikuti air seni yang mengalir. Namun karena ukuran dan bentuknya yang sudah mengkristal, apalagi dengan bentuk yang tajam, maka batu ini tidak bisa keluar dengan sendirinya. Batu ginjal sebenarnya bisa keluar jika ukurannya masih kecil dan bentuknya  masih belum kompleks. Jika penderita banyak mengkonsumsi air putih.
Untuk mencegah penyakit ini menyerang anda, minum air putih dalam jumlah yang disarankan, yakni sebanyak delapan gelas dalam satu hari, sebaiknay dilakukan dan menghindari makanan yang mengandung garam terlalu banyak.
Pengobatan yang dilakukan untuk menyembuhkan batu ginjal diantaranya adalah dengan operasi, pada zaman dulu. Namun, seiring dengan adanya kemajuan dalam bidang medis, penyakit batu ginjal kini bisa diatasi dengan cara menghancurkan batu tersebut dengan menggunakan sinar laser dimana penderita tidak akan mengalami operasi sama sekali.