Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

Buah manggis merupakan buah dari negara tropis yang bisa ditemukan di seluruh wilayah nusantara. Buah berwarna merah keunguan ini jika sudah masak memiliki banyak nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Buah manggis diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain itu, buah manggis ternyata sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena buah ini mengandung vitamin dan mineral penting yang diperlukan oleh ibu hamil.

Lalu, apa saja manfaat buah manggis untuk ibu hamil?

Mencegah Bayi Lahir Cacat
Buah manggis memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Zat folat ini sangat penting untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup oleh ibu hamil karena dapat mencegah bayi lahir cacat. Setiap satu cangkir buah manggis memiliki kandungan asam folat sebesar 61 mcg. Ibu hamil dianjurkan untuk mendapatkan asupan asam folat sebesar 400 mcg per hari. Dengan asupan folat yang cukup, ini akan mengurangi resiko kelainan atau cacat pada janin, terutama di bagian tulang belakang, cacat jantung, bibir sumbing, dan kelainan lainnya.

Membantu Pertumbuhan Janin
Selain kaya akan folat, buah manggis juga mengandung zat mangan. Zat ini sangat berguna untuk membentuk sistem kerangka tulang rawan selama pertumbuhan janin. Selain itu, zat mangan ini juga mempunyai sifat antioksidan yang dapat melindungi ibu hamil dan janin dari kerusakan sel. Setiap satu cangkir buah manggis menggandung sekitar 0,2 mg mangan.

Menjaga Sistem Imun Ibu Hamil dan Janin
Vitamin C yang juga terkandung di dalam buah manggis akan sangat bermanfaat dalam menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Selain itu, vitamin C dalam buah manggis juga berfungsi untuk mengurangi resiko terkena infeksi yang bisa membahayakan janin.

Menjaga Kesehatan Kulit Ibu Hamil
Vitamin C dalam buah manggis memang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, termasuk menjaga reproduksi kolagen. Kolagen merupakan senyawa yang membuat kulit menjadi lebih elastis sehingga kulit tetap sehat ketika merenggang seiring dengan perkembangan janin di dalam perut.

Dengan berbagai manfaat di atas, buah manggis menawarkan banyak manfaat untuk ibu hamil. Namun sebelum Anda mengkonsumsinya, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memastikan bahwa Anda diperbolehkan untuk mengkonsumsinya.