Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Apakah Anda baru saja menjadi seorang ibu dengan mendapatkan momongan? Tentu saja hal tersebut menjadi sebuah moment yang sangat luar biasa dan paling membahagiakan di dalam perjalanan hidup Anda. Pada umumnya setiap pernikahan pasti mendambakan seorang keturunan untuk menyempurnakan kebahagiaan yang dirasakan oleh setiap pasangan di dunia. Maka dari itu, ketika si buah hati terlahir di dunia ini, setiap ibu pastinya menginginkan yang terbaik untuk tumbuh dan kembangnya.

Oleh sebab itu, merawat bayi baru lahir sangatlah penting untuk memastikan perkembangan di awal kehidupannya. Tips merawat bayi baru lahir memang membutuhkan beberapa cara khusus serta kesabaran dan ketelatenan yang tinggi. Sebab seperti yang kita ketahui, kulit bayi masihlah sangat sensitive sehingga kita membutuhkan kewaspadaan yang ekstra untuk merawatnya dengan baik. Untuk itu, marilah kita simak apa saja tips-tips merawat bayi baru lahir seperti di bawah ini :
1.    Jangan gunakan gurita terlalu ketat
Hingga sekarang ini, memang banyak orangtua yang tidak memakaikan gurita pada bayi yang baru dilahirkannya. Namun apabila Anda masih tetap ingin mempertahankan tradisi tersebut, ada baiknya jangan gunakan gurita hingga terlalu ketat karena dikhawatirkan menekan perut bayi sehingga membuatnya sulit untuk bernafas dan mengakibatkannya merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, ikatlah gurita dengan longgar saja.
2.    Hati-hati dengan bedak tabur
Untuk merawat bayi yang baru lahir, kita juga dituntut untuk berhati-hati dengan bedak tabur. Mengapa demikian? Sebab bedak tabur sangat berbahaya jika sampai terhirup dan mengganggu sistem pernapasan bayi. Maka dari itu disarankan supaya memberikan bedak padat menggunakan spon lembut pada bagian lutut, ketiak paha, dan lehernya saja.
3.    Gunakan popok dari katun
Untuk menghindarkan kulit bayi dari resiko terkena infeksi ataupun alergi, sebaiknya kita menggunakan popok yang terbuat dari katun bertekstur lembut yang aman bagi si kecil yang baru lahir.
4.    Gunting kuku bayi yang panjang
Walaupun kuku bayi terlihat sangat lembut dan mungil, namun juga berbahaya jika dibiarkan terus tumbuh memanjang karena dapat menggores wajahnya. Supaya lebih mudah, Anda harus menggunting kukunya ketika ia sedang tidur siang dengan menggunakan gunting kuku khusus bayi.
5.    Beri air putih setelah menyusu
Setelah meminum susu, berikan si bayi air putih agar bekas susu yang diminumnya tidak menempel di bagian lidah.