Cara Memelihara Bebek

Cara memelihara bebek yang tepat adalah penting bagi anda yang ingin mulai beternak bebek. Memelihara bebek adalah gampang-gampang sulit. Dan untuk lebih memudahkan anda, ini dia tips cara memelihara bebek agar siap bertelur.


1. Pilih pakan yang tepat
Percaya atau tidak, pakan yang tepat akan membuat bebek cepat bertelur. Pakan yang tepat adalah yang memenuhi persyaratan gizi untuk ternak, antara lain:

–  Dedak/katul
Gunakanlah dedak  halus yang bagus. Jangan beri makan bebek anda dengan dedak yang terlalu halus karena akan membuat ternak anda justru menjadi kurus.
– Nasi kering
Rendamlah nasi kering dalam air selama kurang lebih 10 menit, kemudian berikan pada ternak anda.
– Jagung
Beri makan bebek-bebek anda dengan jagung baru. Hindari memberikan jagung yang jelek, karena bisa saja menyebabkan racun dan berbahaya bagi kesehatan ternak anda.
– Roti kadaluwarsa
Jemurlah roti kadaluwarsa di bawah sinar matahari agar mematikan bakteri dan aman untuk dikonsumsi bebek-bebek anda.
Berilah pakan hewan ternak anda sebanyak 3 kali dalam sehari.

2. Lakukan perawatan
Cara memelihara bebek berikutnya adalah dengan merawatnya sebagaimana makhluk hidup yang harus dirawat agar sehat dan tidak mudah stres. Perawatan ini termasuk memperhatikan jam makan rutin, tidak kasar, dan juga memperhatikan bila ada bebek yang sakit. Untuk bebek yang sakit, segera pisahkan dari kelompoknya, kemudian obati dengan obat yang bisa anda beli di toko pakan untuk ternak.
3. Perhatikan kebersihan kandang
Selalu pastikan kadnang bebek anda dalam keadaan kering. Memang, bebek juga suka bermain-main di tempat basah, tetapi pastikan kandang tempat bertelurnya selalu dalam keadaan bersih dan kering.  Selain itu, penting untuk memberi atap pada kandang bebek, terutama pada musim hujan. Selain kotor dan lembab, kandang yang basah akan menyebabkan bebek mudah sakit. Dan pada akhirnya, anda akan rugi.
Cara memelihara bebek di atas terkesan mudah, bukan? Beternak bebek memang merupakan peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Nah, selamat beternak bebek.