Cara Memelihara Kura-kura

Kura-kura adalah salah satu peliharaan yang mudah dirawat. Namun bagaimanakah cara memelihara kura-kura yang tepat? Sebelumnya, kenalilah jenis kura-kura yang akan anda pelihara, kemudian cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kura-kura jenis tersebut, seperti makanannya, lingkungan tempat tinggalnya, cara berkembangbiaknya, dan bagaimana kebiasannya di alam bebas.
Dan berikut beberapa tips cara memelihara kura-kura, untuk anda, para pencinta hewan amfibi ini.
Cara Memelihara Kura-kura :

1. Lingkungan yang besar
Kura-kura membutuhkan tempat tinggal yang cukup besar. Untuk itu, sediakanlah sebuah akuarium atau kolam yang lega. Ini juga dipercaya mempengaruhi pertumbuhan kura-kura.

2. Jangan biarkan kura-kura berenang terlalu dalam
Isilah akuarium atau kolam dengan air yang cukup untuk merendam kura-kura hingga ke tempurungnya. Untuk memberikan pijakan bagi kura-kura anda, percantik akuarium dan kolam anda dengan bebatuan dan tanaman yang tidak berbahaya.

3. Jemur kura-kura anda
Cara memelihara kura-kura agar kura-kura anda senantiasa sehat adalahd engan menjemurnya di bawah matahari pagi. Tempurungnya pun akan terlihat lebih cerah. Cara lin yaitu dengan rutin menyikat tempurung kura-kura anda menggunakan sikat gigi lembut.

4. Perhatikan makanannya
Beri makan kura-kura anda 3 kali dalam sehari. Kura-kura bisa anda beri makan pelet khusus kura-kura. Namun bila kura-kura anda enggan melahapnya, coba ganti menu makannya dengan cacing kering. Anda bisa mendapatkan keudanya di toko yang menjual akuarium dan ikan hias.

5. Beli sepasang
Kura-kura bisa cepat mati bila sendirian dalam waktu lama dalam sebuah akuarium.

6. Penerangan cukup
Beri penerangan minimal menggunakan lampu 5 watt pada akuarium atau kolam tempat kura-kura anda tinggal.

Yang paling penting, jagalah kebersihan tempat tinggal kura-kura milik anda. Usahakan untuk membersihkan tempat tinggalnya secara rutin, jangan biarkan sisa makanan dan kotoran malah membuat kura-kura kesayangan anda mati.

Dan bila kura-kura terkena penyakit, pisahkan dari kelompoknya. Kemudian bila tidak kunjung sembuh meski sudah anda rawat, jangan ragu untuk membawa kura-kura anda ke dokter hewan.
Demikian cara memelihara kura-kura yang bisa anda praktikkan. Selamat mengembangbiakkan kura-kura.