Gatal-gatal yang kerap terjadi tentu sangat mengganggu. Apalagi jika rasa gatal tersebut menyerang Anda saat Anda sedang menjalankan aktivitas. Gatal-gatal juga bisa menyebabkan kulit menjadi kasar dan tak jarang bekas garukan akan mengakibatkan lecet dan meninggalkan bekas luka.
Gatal-gatal pada tubuh biasanya terjadi karena adaya kuman.

Kuman tersebut bisa menempel di badan melalui udara, tanaman tertentu ataupun serangga dan binantang lainnya seperti ulat bulu.
Berikut ini beberapa bahan herbal yang bisa menjadi obat tradisional gatal pada kulit:
1.    Ambilah beberapa lembar daun mahkota dewa kemudian haluskan. Setelah itu balurkan pada bagian kulit yang gatal.Anda juga bisa menggunakan beberapa lembar daun salam yang telah dihaluskan, kemudian tempelkan pada kulit yang gatal. Lakukan pengobatan ini selama 3 kali dalam sehari.
3.   Cara lain untuk mengobati gatal-gatal dikulit adalah dengan menghaluskan beberapa kulit batang kamboja kemudian membalurkannya pada bagian kulit yang gatal.
4.    Bahan-bahan yang tersedia di dapur seperti minyak goreng dan garam ternyata bisa juga mengobati rasa gatal caranya dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dan mengoleskannya pada permukaan kulit yang gatal.
5.       Untuk Anda yang sering mengalami gatal-gatal akibat alergi, Anda bisa menggunakan daun sirih sebagai obat tradisional untuk mengobatinya. Caranya dengan menumbuk atau menghaluskan beberapa lembar daun sirih dengan 1 potong rimpang Bangle dan 1 sendok teh minyak kayu putih. Tumbuk bahan-bahan tersebut sampai halus kemudian oleskan secara merata pada bagian tubuh yang gatal atau terkena alergi.  Selain ditumbuk Anda juga bisa menggunakan daun sirih dengan cara lain, misalnya dengan merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air hingga mendidih. Setelah itu minum air rebusan tersebut ketika sudah dingin. Minum secara rutin selama dua minggu berturut-turut. Anda juga bisa menambahkan beberapa sendok madu untuk meminimalisir rasa getirnya.
6.    Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan daun teh. Caranya adalaah dengan menjemur beberapa lembar daun sirih merah yang sudah tua, kemudian setelah kering remas-remas dan seduh dengan teh seperti biasa.