Penyebab keputihan dan cara mengatasinya

Bagi kaum hawa, masalah keputihan adalah hal yang menakutkan karena kehadirannya sangat mengganggu dan dapat membuat tidak percaya diri dan dapat mengganggu tingkat seksualitas wanita. Meskipun tidak semua wanita menganggap keputihan itu menakutkanatau mengnganggap remeh keputihan karena keputihan pada wanita dapat hilang dalam waktu tertentu dengan sendirinya namun bagi wanita yang mengalami keputihan dalam waktu lama, keputihan ini sangat mengganggu karena produksi cairan pada daerah V wanita akan terjadi secara berlebihan dan membuat daerah tersebut lembab.

Keadaan ini sangat rawan karena dalam keadaan ini organ intim wanita akan lebih mudah dihinggapi oleh kuman, jamur, dan bakteri jika keadaan ini di biarkan dalam waktu lama maka akan menimbulkan beberapa penyakit seperti menggangu proses kehamilan, bahkan beresika menjadi kanker mulut rahim.

Penyebab keputihan biasanya terjadi akibat perubahan hornomal, seperti menjelang atau setelah menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Keputihan dapat dibagi dalam 2 kategori yaitu:

  1. Keputihan normal                                                                                                                                                                                       Untuk kategori ini masih dalam tahap normal karena cairan yang keluar masih jernih, berlendir, tidak bau, dan tidak gatal biasanya keputihan dalam kategori ini akan hilang dalam sendirinya dalam waktu tertentu.
  2. Keputihan patalogis
    Keputihan dalam kategori ini harus diwaspadai karena keputihan ini di sebabkan oleh infeksi parasit, jamur, bakteri dan kuman yang dapat mengakibatkan terjadinya kanker.

Cara mengatasi keputihan.
1.    Tanpa obat

  • Menjaga daerah V agar selalu bersih dan higienis
  • Hindari berenang / berendam pada kolam umum
  • Gunakan selana dalam dari bahan katun, tidak menggunakan celana dalam yang ketat
  • Tidak terlalu banyak pikiran atau stres

2.    Dengan obat

Konsultasilah dengan dokter karena dokter akan memberikan solusi obat – obatan yang sesuai dengan kategori keputihan yang kita alami, bila setelah pengobatan dari dokter (biasanya dengan antibiotik dan anti jamur) keputihan tidak juga sembuh, maka sebaiknya di cek kembali secara teratur karena keputihan yang terus menerus dapat disebabkan adanya penyakit serius seperti kanker leher rahim. Sekian