Khasiat Daun Srikaya

Khasiat daun Srikaya untuk mengatasi beberapa penyakit sehingga dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional. Manfaat daun yang bisa digunakan sebagai obat tradisional ini semakin dicari oleh beberapa orang. Srikaya merupakan buah yang satu family dengan sirsak. Jadi tidak hanya daun sirsak yang bermanfaat namun daun srikaya juga tidak kalah dengan khasiatnya. Buah srikaya memiliki rasa yang manis serta selaput buah berwarna putih dan hampir sama dengan sirsak. Harga srikaya tidak lebih tinggi dari sirsak.

Kandungan serat pada buah srikaya mampu menyehatkan pencernaan sehingga mampu mengatasi penyakit sembelit maupun diare. Buah ini memiliki bentuk yang unik sehingga membuat penasaran untuk menikmati rasa khas dari buah ini.

Tumbuhan sirsak yang berasal dari Hindia barat ini memang memiliki manfaat dalam mengatasi gangguan kesehatan. Khasiat daun Srikaya yang mampu mengobati bisul bisa dijadikan sebagai salep tradisional. Bisul atau borok bisa diatasi secara tradisional dengan menggunakan daun srikaya. Cara membuat obat tradisional ini cukup mudah yaitu dengan menumbuk daun srikaya sampai halus. Setelah daun tersebut halus bisa ditambahkan sedikit garam dan aduk hingga rata. Kemudian balurkan tumbukan daun srikaya pada kulit yang ditumbuhi bisul. Biarkan sampai beberapa menit hingga tumbukan daun srikaya kering. Setelah itu cuci dengan air hangat dan keringkan dengan handuk hakus atau waslaf. Cara ini bisa dilakukan rutin supaya gangguan bisul teratasi dengan baik. selain buahnya yang berkhasiat daun dari srikaya juga bermanfaat untuk mengatasi bisul. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan senyawa alami di dalam daun srikaya yang mampu membunuh bakteri penyebab bisul dan borok.

Selain daun srikaya mampu mengobati bisul dan borok ternyata juga bermanfaat untuk mengobati cacingan pada anak. Caranya mudah cukup merebus 15 lembar daun srikaya kemudian ambil airnya dan berikan pada anak yang cacingan. Tidak hanya itu ternyata daun srikaya juga mampu membunuh kutu pada rambut sehingga bisa digunakan sebagai obat kutu tradisional. Khasiat daun Srikaya memang tidak sehebat daun sirsak namun jika srikaya mampu mengobati bisul dan jika sirsak hanya mampu mengobati penyakit di dalam tubuh.