Makanan yang Banyak Mengandung Kalsium

Perbanyaklah konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium yang dikonsumsi dengan jumlah yang tepat akan memberikan berbagai manfaat.

Manfaat Kalsium bagi Kesehatan Tubuh

1. Pertumbuhan kekuatan tulang dan gigi, terutama bagi anak-anak. Sedangkan bagi orang dewasa, kalsium akan membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi.
2. Konsumsi kalsium yang tepat akan membantu mencegah osteoporosis. Kekurangan kalsium secara signifikan akan mengurangi kepadatan tulang dan menyebabkan mudah patah.
3. Tanpa kalsium, tubuh mungkin akan terus menerus merasa lapar. Hal ini karena kalsium sangat berperan penting pada proses penyimpanan glikogen.
4. Fungsi otot akan semakin maksimal dengan adanya kalsium dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan kalsium akan mudah mengalami gangguan fungsi sistem syaraf dan otak, serta kejang otot.

Makanan Terbaik yang Mengandung Kalsium

Demi menghindari berbagai gangguan kesehatan, konsumsilah makanan yang mengandung kalsium. Berikut ini beberapa daftar makanan yang banyak mengandung kalsium.

1. Buah jeruk
Selain mengandung vitamin C, secangkir jus jeruk mengandung kira-kira 60 mg kalsium. Selain itu, buah jeruk juga mengandung vitamin A, dan juga beta karoten.

2. Sayuran hijau
Sayuran berwarna hijau adalah sumber kalsium terbaik. Brokoli dan bayam adalah produk sayuran terbaik yang mengandung kalsium tingkat tinggi. Selain itu, 100 gr sawi mengandung kalsium sebanyak 145 mg. Sayuran hijau selain mengandung kalsium juga mengandung vitamin K, vitamin A, dan asam folat

3. Kacang-kacangan
Produk kacang-kacangan masuk daftar makanan yang banyak mengandung kalsium. Dalam 100 gram kacang, ada 442 mg kalsium. Kacang almond adalah produk kacang yang selain kaya vitamin E, juga kaya kalsium sekitar 70 hingga 80 mg kalsium. Sedangkan satu cangkir kacang kedelai memiliki 261 mg kandungan kalsium.

4. Oatmeal
Semangkuk oatmeal mengandung karbohidrat tingkat tinggi, dan 105 mg kalsium. Makanan kaya serat ini juga ampuh melancarkan pencernaan dan juga menyehatkan jantung.

5. Ikan salmon
Ikan salmon kaya protein dan lemak sehat. Sebanyak 181 mg kalsium terkandung dalam 3 ons salmon.

Dan masih panjang lagi daftar makanan yang banyak mengandung kalsium, termasuk susu kedelai murni yang mengandung sekitar 300 mg, dan juga yogurt rendah lemak yang mengandung sekitar 415 mg kalsium.