Bahan Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh. Untuk mendapatkan karbohidrat dengan jumlah yang tepat, anda harus mengonsumsi bahan makanan yang mengandung karbohidrat. Tidak perlu bingung, ada banyak sekali yang bisa anda dapatkan dengan mudah, murah, dengan manfaat yang segudang.

Bahan Makanan yang Mengandung karbohidrat

1. Biji-bijian
Jenis bahan makanan yang mengandung serat tinggi ini selain rendah lemak dan kaya protein, juga merupakan sumber karbohidrat yang baik. Beberapa jenis biji-bijian yang kaya akan kandungan karbohidrat adalah gandum, beras merah, barley, dan juga oat.

2. Sayuran
Sayuran memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain memiliki kandungan air yang banyak, vitamin, mineral, dan rendah lemak, sayuran juga masuk daftar bahan makanan yang mengandung karbohidrat. Sayuran terbaik yang kaya karbohidrat adalah kangkung, wortel, kentang, seledri, kubis, asparagus, dan brokoli.

3. Buah-buahan
Buah-buahan sama sekali tidak mengandung lemak. Kandungan air dalam buah-buahan sangat tinggi, serta kandungan vitamin dan serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Sumber karbohidrat terbaik adalah jeruk, pir, nanas, anggur, prem, kurma, blueberry, pisang, apel, stroberi, semangka, dan aprikot.

4. Produk Susu
Selain kaya kalsium, produk susu seperti susu rendah lemak, susu skim, dan juga yogurt rendah lemak adalah termasuk bahan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

5. Kacang-kacangan
Bahan makanan dari jenis kacang-kacangan seperti Kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, dan lentil, mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh.

6. Makanan ringan
Bahkan makanan ringan pun mengandung karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh. Namun tidak sembarang makanan ringan, makanan ringan yang bisa anda konsumsi setiap saat adalah cokelat, kue kering, dan permen rendah gula.

Penting bagi anda untuk menghindari makanan dari tepung putih, karena meski mengandung karbohidrat, kandungannya terlalu sederhana dan tidak memberikan manfaat apapun bagi kesehatan tubuh anda. Begitupun dengan makanan kemasan, selain nol kalori, konsumsi yang berlebihan akan meningkatkan risiko obesitas, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung karbohidrat di atas, anda telah melakukan investasi jangka panjang untuk kesehatan anda kini dan nanti.