Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, anda telah meningkatkan kualitas kesehatan anda. Vitamin B12 membantu menyeimbangkan fungsi sistem syaraf, dan juga melancarkan produksi DNA. Pembetukan sel darah merah dalam tubuh juga akan lebih efektif dengan bantuan vitamin ini. Selain itu, vitamin B12 memiliki peran penting dalam penciptaan energi tubuh.
Lantas makanan apa saja yang mengandung vitamin B12?

Daftar Makanan dengan Kandungan Vitamin B12 Tinggi

1. Telur
Terutama bagian kuningnya, telur kaya akan kandungan vitamin B12. Selain itu, dengan kandungan protein tinggi pada putih telur, telur, baik telur ayam, telur angsa, maupun telur bebek, merupakan konsumsi tepat bagi kesehatan tubuh anda.

2. Dada ayam
Sumber makanan yang mengandung vitamin B12 selanjutnya adalah dada ayam. Dengan kombinasi asam folat yang dikandung dada ayam, konsumsi makanan ini akan meningkatkan kesehatan jantung dan juga sistem reproduksi.

3. Daging kepiting
Meski agak sedikit repot untuk memecah capit dan cangkangnya ketika mengonsumsi makanan ini, sekitar 9,8 mcg vitamin B12 terkandung dalam setiap 3 ons daging kepiting.

4. Daging sapi
Daging sapi kaya akan zat besi, seng, protein, dan vitamin B12. Tak hanya itu, bagian hati sapi juga kaya akan cobalamin (nama lain vitamin B12).

5. Susu dan yogurt
Susu kaya akan kandungan zat besi, kalsium, dan vitamin penting bagi tubuh. Terutama yogurt rendah lemak, produk susu yang satu ini adalah sumber utama vitamin B-Kompleks seperti vitamin B1, B2, dan B12.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dengan dosis cukup akan mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun seiring usia, kemampuan penyerapan vitamin B12 oleh tubuh akan semakin berkurang. Para ahli menyarankan konsumsi suplemen bagi lansia (usia di atas 50 tahun). Yang terbaik dari konsumsi vitamin B12 adalah meski dikonsumsi dengan dosis tinggi, tidak akan berdampak negatif. Namun tentu saja, demi kesehatan jangka panjang, sebaiknya konsumsi vitamin B12 dengan dosis yang sewajarnya saja.

Nah, masukkanlah 5 makanan yang mengandung vitamin B12 di atas ke dalam menu harian anda, dan dapatkan manfaat kesehatan sekarang dan juga di masa depan nanti.